Bogor Raincake: Oleh-Oleh Kekinian Kota Bogor

3:53 PM


Assalamualaikum!

Apa sih yang kamu ketahui tentang Kota Bogor?
Ya, selain Bogor adalah kota hujan yang juga dikenal dengan kota angkot (?)

Kota Bogor juga dikenal sebagai salah satu destinasi wisata kuliner bagi warga Jakarta & sekitarnya. Beragam pilihan kuliner ada di Kota Bogor, mulai dari yang tradisional hingga yang kekinian.

Begitu juga dengan oleh-olehnya. Ada beragam oleh-oleh yang bisa dibawa pulang sebagai buah tangan sepulang dari kota hujan ini. Mulai dari talas Bogor, roti unyil, asinan Bogor, bolu talas, & masih banyak lagi.

Tapi... sudah tahu belum sekarang di Kota Bogor juga ada oleh-oleh kekinian? Namanya Bogor Raincake.

Sebelum resmi dipasarkan saat grand launching beberapa hari lagi, Alhamdulillah saya mendapatkan kesempatan untuk menghadiri Soft Launching dari Bogor Raincake. Acara ini adalah "Ngariung Bubuka", yang dalam bahasa Sunda berarti "berkumpul pembukaan". Terima kasih kepada komite Hijabers Community Bogor untuk undangannya.


Acara "Ngariung Bubuka" ini juga dihadiri oleh Walikota Bogor, Bapak Bima Arya Sugiarto beserta Camat Babakan. Pak Walikota menyampaikan, jika suatu acara pembukaan dihadiri mulai dari Walikota hingga Camat artinya mendapat dukungan penuh dari pemerintah Kota Bogor & InsyaAllah juga didukung penuh oleh masyarakat Kota Bogor. Jadi, baik pemerintah Kota Bogor maupun masyarakat Kota Bogor menyambut dengan baik hadirnya Bogor Raincake sebagai pilihan oleh-oleh dari Kota Bogor.

Tidak hanya itu, dalam acara ini juga Shireen Sungkar sebagai sosok di balik munculnya Bogor Raincake juga menceritakan bagaimana proses awal terciptanya Bogor Raincake.

Shireen menceritakan bahwa pada awalnya dirinya memang memiliki keinginan untuk membuat suatu bisnis, namun saat itu dia belum tahu jenis bisnis apa yang akan dilakukan. Walaupun belum tahu ide bisnis apa yang akan dilakukan, tapi Shireen terlebih dahulu membuat akun instagram dengan nama "@idebisnisshireen". Dalam akun tersebut, Shireen berbagi kepada para followersnya berbagai resep masakan yang kebetulan juga menjadi hobinya.

Banyak followers yang mengikuti akun tersebut, hingga Shireen pun bertanya kepada para followers-nya kira-kira ide bisnis apa yang cocok baginya. Ternyata banyak followers yang menjawab bisnis kuliner, dalam hal ini adalah bisnis oleh-oleh. Tidak hanya itu, ternyata banyak juga permintaan untuk membuka bisnis tersebut di Kota Bogor.

Melihat respon dari para followers, Shireen pun berpikir mengapa tidak jika dirinya membangun bisnis oleh-oleh dalam hal ini adalah kue karena Shireen juga suka membuat kue & kue buatannya pun juga sering dipuji oleh keluarganya.

Kota Bogor juga dirasa sesuai untuk membangun bisnis ini, karena jarak Kota Bogor yang tidak jauh dengan Jakarta sehingga Shireen masih bisa dengan mudah mengontrol bisnisnya tanpa harus jauh meninggalkan keluarga. Dirinya juga merasa dekat dengan Kota Bogor karena ayahnya & keluarga besarnya juga tinggal di Bogor. Dengan alasan-alasan tersebut, akhirnya Shireen mantap untuk berbisnis oleh-oleh di Kota Bogor.


Lalu, dari mana asalnya nama Bogor Raincake?

Menurut Shireen, alasan dipilihnya nama Bogor Raincake adalah karena Kota Bogor identik denga kota hujan, selain itu produk yang dijual berupa cheesecake. Sehingga terciptalah nama tersebut, gabungan dari kata "rain"  dengan kata "cake" dari cheesecake.

Bogor Raincake saat ini memiliki 4 varian rasa, yaitu: Red Taro, Cheese Vanilla, Greentea Ovomaltine, & Crispy Peanut. Favorit saya adalah Red Taro (khas Bogor sekali dengan kandungan talas di dalamnya) & Greentea Ovomaltine (oh, I love greentea and also ovomaltine!)

Tekstur dari Bogor Raincake cukup lembut di mulut, manisnya pas, & cukup mengenyangkan. Cocok sebagai oleh-oleh, apalagi sebagai cemilan untuk teman minum teh atau kopi. Dengan jenis kue & pilihan rasa yang berbeda dari oleh-oleh Kota Bogor sebelumnya, Bogor Raincake pantas untuk disebut sebagai oleh-oleh kekinian Kota Bogor.


Salah satu hal yang membuat saya salut dengan ide bisnis Shireen ini adalah karena Bogor Raincake tidak hanya fokus untuk menjual produknya sendiri saja, namun juga sebagai sarana untuk mempromosikan Kota Bogor lebih jauh lagi.

Sebagai contoh, dalam akun instagram tidak hanya berisi promosi produk Bogor Raincake saja namun juga berbagi tentang serba-serbi Kota Bogor. Mulai dari kuliner tradisional, tempat-tempat bersejarah maupun hal lainnya yang terkenal dari Kota Bogor. Konsep bisnis seperti ini didukung penuh oleh suami Shireen, Teuku Wisnu yang sudah lebih dulu memulai bisnis oleh-oleh dengan konsep serupa di Kota Malang.

Jadi, tidak hanya memajukan bisnis sendiri namun juga untuk kemajuan bersama. Para pekerjanya pun juga semuanya adalah warga Bogor loh, jadi dari Bogor untuk semua. MasyaAllah, semoga semakin berkah ya...


Bagi warga Kota Bogor maupun semua masyarakat yang datang ke Kota Bogor & ingin mencoba oleh-oleh kekinian dari Kota Bogor ini, bisa dibeli di:

BOGOR RAINCAKE
(buka mulai 8 April 2017)
Jl. Pajajaran No. 31, Babakan, Bogor Tengah, Kota Bogor
(lokasi di samping Zest Hotel)
Telp. (0251) 7546118
Instagram: @raincakebogor


Gimana... jadi penasaran kan ingin mencoba juga oleh-oleh kekinian yang satu ini? Langsung saja datang ke outlet Bogor Raincake mulai 8 April 2017.

Salaam,
IndahRP

You Might Also Like

16 comments

  1. Pengen bgt coba BRC ,kakak , suami, ipar n sahabat2nya kompak ya buat usaha cake di beda beda daerah. Kece deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. seneng ya sekarang tiap ke kota-kota ada oleh-oleh yang baru.

      Delete
  2. Aslii ngiler liat cakes nyaaaa 😍 kayaknya enak yaaa 💜💜 emang yah kalo ke bogor kudu sempetin waktu buat kulineran seharian hehe

    www.inkaparamita.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. harus seharian kalo kulineran di Bogor hihihi

      Delete
  3. Kebayang yang rasa greentea ovomaltine pasti enak banget! :9

    ReplyDelete
  4. Pengen cobain ...
    Dri jakarta ke stsiun bogor . Dri stasiun bogor angkutan umum ap yg sampai ksna??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mbak, aku kurang paham kalau soal trayek angkutan umum. Paling mudah sih naik ojek aja :)

      Atau kalau mau naik angkot tanya aja ke supirnya, "Lewat rumah dinas Walikota ga?"

      Karena lokasinya ga jauh dari sana.

      Delete
  5. Ndah bikin ngeces malam-malam begini, kalau ke Bogor sekarang udah banyak pilihan oleh-oleh di bawa pulang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, banyak pilihan buat oleh-oleh dibawa pulang sekarang.. jadi ga yang itu-itu aja ya..

      Delete
  6. Jadi baper ndaahh... eh laper maksudnya hihihi
    Iya, setuju sama mbak Witha, adek kakak kompak banget ya bisnis kuliner di beda beda daerah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagi in banget ya bisnis kuliner yang kekinian gitu sekarang.. Jadi banyak pilihan juga jadinya.

      Delete
  7. Bsa kgen online krim k sumatra gk ya??? Palembang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepengetahuan saya belum bisa kirim online

      Delete
  8. Teh.. Mau tanya itu sebelah mananya zest hotel? Kalo dari elishabet? Makasih��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelahnya persis Zest Hotel, kan Zest Hotel juga seberang Elizabeth..

      Delete