Pentingnya Senantiasa Bersih Bagi Muslimah

10:00 AM


Assalamualaikum!

Bagi perempuan, menjaga kebersihan area kewanitaan itu penting & wajib. Kenapa? Karena dengan menjaga kebersihan pada area kewanitaan merupakan salah satu usaha untuk menjaga agar area kewanitaan tetap sehat, terlebih menjaga agar area tersebut tidak mudah lembab atau timbul keputihan yang tidak normal.

Sekedar informasi, bahwa tidak semua keputihan itu normal loh.. Keputihan yang berwarna (kuning, kehijauan, keabuan, dll), berbau, hingga menimbulkan keluhan seperti gatal adalah keputihan yang tidak normal. Salah satunya bisa disebabkan area kewanitaan yang tidak dijaga kebersihannya, sehingga memudahkan bakteri atau jamur berkembang hingga akhirnya menimbulkan keluhan-keluhan tersebut. Jika kamu mengalami keputihan yang tidak normal, segera periksakan dirimu ke dokter ya...

*****

Nah, kembali lagi soal pentingnya menjaga kebersihan pada area kewanitaan. Bagi muslimah, menjaga area kewanitaan bersih juga sangat penting selain dari segi kesehatan. Yaitu penting terkait dengan kebersihan saat beribadah, khususnya sholat.

Saya sempat membaca (silakan dibantu koreksi ya jika keliru) bahwa keputihan termasuk najis, seperti halnya dengan air kencing. Sedangkan syarat sah sholat salah satunya adalah badan & pakaian suci dari hadas serta najis. Sehingga saat akan melaksanakan sholat, badan & pakaian harus dalam kondisi suci & bersih. Hal ini termasuk untuk pakaian dalam, jadi tidak hanya pakaian luar atau alat sholat saja yang harus bersih saat kita sholat.

Salah satu cara agar saat akan sholat area kewanitaan dalam keadaan bersih adalah dengan mengganti pakaian dalam, namun hal ini tentu dirasa cukup merepotkan bila dilakukan saat sholat di tempat umum. Untuk memudahkan ketika akan sholat di tempat umum, ada baiknya menggunakan pantyliner. Saat akan sholat, maka tinggal ganti pantyliner yang sebelumnya dipakai atau lepas pantyliner tersebut sehingga pakaian dalam tetap bersih.


Bicara soal pantyliner, jujur sebelumnya saya termasuk orang yang jarang sekali menggunakan pantyliner. Tapi sekarang sih sudah mulai biasa pakai pantyliner terutama saat berpergian keluar rumah atau ke tempat umum untuk waktu yang cukup lama. Apalagi Mama juga melakukan hal yang sama, sehingga sering mengingatkan saya akan hal ini. Selain itu, ya tentu saja agar area kewanitaan tetap bersih khususnya saat akan sholat.

Beberapa minggu ini saya mencoba Charm Pantyliner Pure Style, yang menjadi favorit saya adalah varian Charm Pantyliner Pure Style "Double Fresh". Kenapa saya suka dengan Charm Pantyliner Pure Style "Double Fresh? karena memiliki teknologi 2 in 1 yang unik loh.. Dalam 1 lembar pantyliner ini ternyata terdiri dari 2 lapis, sehingga tidak perlu repot lagi untuk mengganti pantyliner. Praktis banget! Tinggal lepas lapisan pertama, langsung deh bisa kembali bersih & nyaman dengan lapisan yang kedua.

Selain saat berpergian, biasanya saya memakai Charm Pantyliner Pure Style "Double Fresh" ini pada hari terakhir menstruasi saat siklus menstruasi akan selesai & ketika mulai muncul keputihan saat menjelang menstruasi. Soal kepraktisan pantyliner ini tidak perlu ditanyakan lagi, karena super praktis untuk menggantinya. Sholat pun jadi nyaman, karena area kewanitaan dapat senantiasa bersih terjaga.


Selain varian "Double Fresh", Charm Pantyliner Pure Style juga punya 2 varian lainnya. Charm Pantyliner Pure Style "Comfort Slim" yang tipis & lembut di kulit, cocok banget untuk dipakai sehari-hari. Serta ada juga Charm Pantyliner Pure Style "Fragrance" yang memiliki 3 jenis keharuman berbeda untuk membantu menghilangkan bau yang mengganggu, sehingga area kewanitaan bisa segar sepanjang hari.

Semua varian dari Charm Pantyliner Pure Style ini bisa kamu dapatkan di Carrefour, Aeon, Superindo, Hypermart, Giant, Alfaonline, Orami, & di pusat perbelanjaan lainnya selain minimarket. Harganya tentu masih terjangkau.

Untuk info lebih lanjut seputar Charm Pantyliner Pure Style, kamu bisa cek & cari tahu melalui:


Gimana? Sekarang sudah tahu kan pentingnya untuk senantiasa bersih bagi muslimah, khususnya pada area kewanitaan. Tidak hanya agar nyaman dalam beraktivitas sehari-hari, namun juga lebih penting lagi agar tetap nyaman saat beribadah.

Buat kamu yang masih belum terbiasa memakai pantyliner, silakan mulai mencoba untuk memakai nya. Misalnya saat berpergian atau ketika kira-kira akan melaksanakan sholat di tempat umum. Ingat, menjaga kebersihan area kewanitaan itu penting loh termasuk saat beribadah. Oh iya, jangan lupa untuk rajin mengganti pantyliner yang kamu pakai setiap 3-4 jam agar tetap bersih & tidak lembab.


Semoga sharing saya kali ini bisa bermanfaat bagi para perempuan & muslimah, mendapatkan hal baru untuk diketahui bersama-sama. Kamu juga boleh loh sharing pada comment blog post ini, tentang pengalaman kamu seputar pemakaian pantyliner atau cara menjaga agar area kewanitaan dapat senantiasa bersih.

Sampai jumpa pada blog post selanjutnya!

Salaam,
IndahRP

You Might Also Like

21 comments

  1. Kebersihan daerah V yg kerap bgt dilupakan ataupun disepelekan nih ya. Padahal kan kalo di perhatikan dan di rawat setiap hari pastinya byk manfaat yg bisa di dpt. Thanks sharingnya indah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, masih ada yang melupakan atau menyepelekan kebersihan di daerah tersebut. padahal ga kalah pentingnya untuk dijaga agar senantiasa bersih loh..

      sama-sama mba aie, semoga bermanfaat..

      Delete
  2. keren banget ya baru tau klo ada pantyliner yang pake 2 lapisan begini

    ReplyDelete
    Replies
    1. banget! jadi ringkas & ga pakai repot lagi sekarang buat ganti pantyliner yaa, karena ada yang praktis seperti Charm Pantyliner Pure Style yang Double Fresh ini..

      Delete
  3. Dulu aq selalu pakai panty liner, koq justru kaya keputihan terus. Skr aku coba lepas, ga selalu keputihan, kadang kalo kecapean sih. Tapi paling ganti daleman. Kemudian jd curhat wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau keputihannya tidak berwarna, berbau, atau gatal seperti yang aku sebutkan di atas, itu masih normal kok..

      mungkin bisa sering-sering diganti pantyliner nya, atau pakai pantyliner pas lagi keluar rumah aja juga bisa..

      Delete
  4. Kalau masalah kewanitaan normal atau tidak normalnya itu saya kurang tahu sih karena cowok :-) tapi boleh juga nih di rekomedasikan bagi para wanita muslimah untuk menjaga daerah kewanitaan :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, silakan direkomendasikan untuk teman2 nya yg perempuan atau muslimah ya.

      Delete
  5. Bagusnya sekarang jenis pantyliner lebih beragam ya, jadi para wanita bisa milih yang nyamannya yang mana. Aku pun sebagai pengguna pantyliner jadi bisa pilih2 dan nyobain jenis2 lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh loh dicoba pantyliner favorit aku yg Charm Pantyliner Pure Style double fresh :)

      Delete
  6. Lucu tone2 editannya Indah. Aku setuju kalau ibadah musti yakin dan tenang kebersihannya, gara2 event charm kemarin jadi tau kalau panty ngebantu lbh tenang ttg itu :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih niaaa, modal kamera belum mumpuni yg penting editan tetap oke hehehe.

      Pantyliner memang ga cuma untuk kebersihan saja, tapi juga bisa bikin kita lebih nyaman untuk beribadah.

      Delete
  7. Sebagai wanita, harus jaga kebersihan banget ya. Gak cuma muka aja yang bersih, tapi area intim juga. Btw, aku kadang-kadang juga pakai yang doublefresh. Tapi lebih suka yang comfort slim. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. tetap harus dijaga kebersihan daerah kewanitaannya. Aku pernah juga tuh coba yg comfort slim..

      Delete
  8. wah baru tau ada yang "double fresh" ini, jadi ga repot ganti yaa..
    makasi sharingnya indah, bermanfaat bgt buat aku yang hampir setiap hari pake panty liner :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ingga.. silakan dicoba yaa Charm Pantyliner Pure Style Double Fresh. Serius jadi ga perlu repot gonta-ganti deh..

      Delete
  9. Aku juga tipw jarang pk pantyliner, tp kyknya sekarang harus pake terutama klo sedang travelling. Pilihannya jg skrg macam2 ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku puuun termasuk yg jarang pakai pantyliner, paling ya itu menjelang & di akhir menstruasi.. sama kalau berpergian aja.

      Pilihan pantyliner yg beragam tinggal menyesuaikan kebutuhan kita deh..

      Delete
  10. wahhh, jadi nambah ilmu baru nih
    aku termasuk yg jarang bgt pake pantyliner
    hehehe


    terimakaish buu dok sharingnya :)
    btw, itu pantylinernya varian baru yah?? bisa dua gitu hihi
    jadi lebih praktis yah hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ini pantyliner varian baru dari Charm.. semoga sharing dariku bermanfaat yaa :)

      Delete
  11. Saya sukanya pakai yang charm long&wide karena sesuai namanya, panjang dan besar, sekitar 2/3 nya pembalut non-wing jadi lebih nyaman (saya prefer yang spt ini) dan nggak mudah lepas padahal saya banyak gerak. Nah, produk charm yang double fresh ini sebesar apa ya mbak? Kalau sama besar mungkin saya coba untuk pindah

    ReplyDelete