Outfit Ideas: Baju Pesta bagi Muslimah

10:20 PM


Assalamualaikum!

Dua tahun terakhir ini, saya mulai sering mendapat undangan pernikahan. Mulai dari pernikahan teman, kerabat, hingga keluarga. Ketika undangan tersebut tertuju langsung kepada diri sendiri & bukan lagi hanya tertuju kepada orangtua, itu artinya kamu sudah memasuki usia yang dibayang-bayangi dengan pertanyaan "kapan nikah?" --- Ada juga yang mengalami hal serupa seperti saya? Welcome to the club!

Blog post kali ini tidak akan membahas soal kapan nikah, tapi masih berhubungan dengan undangan pernikahan. Hal yang akan dibahas di sini adalah ketika mendapat undangan pernikahan, biasanya sebagai tamu datang pada saat resepsi pernikahan. Para perempuan biasanya suka kebingungan nih menentukan baju yang akan dipakai untuk menghadiri suatu resepsi pernikahan.

Begitu pula bagi para muslimah, dimana pilihan baju pesta mungkin tidak sebanyak dibandingkan dengan yang tidak berhijab. Tapi jangan salah, masih ada kok beberapa pilihan baju pesta bagi muslimah. Yang pastinya tetap menutup aurat dan sopan.

Ada tiga pilihan outfit yang biasa saya pakai sebagai baju pesta saat menghadiri resepsi pernikahan. Apa sajakah itu? Ini dia...

1. Dress or Abaya

Memakai dress atau abaya menjadi andalan saat menghadiri suatu resepsi pernikahan. Karena sangat simple, tidak perlu repot atau pusing untuk mix & match antara atasan dengan bawahan. Tinggal memilih jilbab yang sesuai dengan cluth bag sebagai asesoris. Pilih model dress dengan potongan A-line agar tidak membentuk, khususnya pada tubuh bagian bawah.

Hindari pemakaian dress atau abaya berbahan kaos maupun katun stretch, karena kedua bahan tersebut bukanlah pilihan yang cocok untuk dipakai sebagai baju pesta maupun acara formal lainnya. Pilihlah bahan yang tidak terlalu kaku, agar saat dipakai lebih terlihat "flowy" sehingga membuat lebih leluasa saat bergerak,

Jika dress atau abaya hanya memiliki satu hingga dua warna polos tanpa motif, pakailah jilbab yang bermotif agar tidak terkesan terlalu polos. Begitu pula sebaliknya, pakailah jilbab polos jika dress atau abaya yang dipakai sudah ramai dengan motif tertentu. 

2. Peplum Top + Kain Batik/Songket

Saya termasuk yang jarang memakai kebaya untuk acara formal, termasuk ketika menghadiri resepsi pernikahan. Hanya pada saat-saat tertentu saja saya memakai kebaya, seperti saat wisuda atau ketika memang sudah mendapat seragam keluarga yang mengadakan pernikahan. Selain itu, saya lebih memilih untuk memakai peplum top dengan kain batik atau songket.

Atasan dalam bentuk peplum cocok bagi muslimah, karena akan menyamarkan bagian bawah tubuh. Tapi ingat, pilihlah peplum top yang panjang bagian bawahnya menutupi *maaf* bokong ya.. Jika memakai peplum top dengan bagian bawah yang pendek, khawatir saat dipadukan dengan kain (yang biasanya dipakai dalam bentuk seperti pencil skirt) pada akhirnya akan membentuk lekuk tubuh.

Contoh peplum top yang saya maksud adalah seperti pada foto saya di atas.

3. A touch of Batik

Batik sudah pasti menjadi salah satu pilihan pakaian yang digunakan saat menghadiri suatu resepsi pernikahan. Baju pesta dengan bahan batik pun beragam, biasanya pilihan bagi muslimah adalah dalam bentuk dress, rok panjang, atau atasan lengan panjang. Tapi terkadang ada yang beranggapan memakai batik dengan model-model tersebut akan terkesan biasa saja.

Selain dengan model-model yang saya sebutkan, tadi ternyata bahan batik juga bisa dijadikan model lainnya yang cocok untuk dipakai sebagai baju pesta. Yaitu dengan menjadikannya sebagai outer, entah dalam potongan blazer atau long outer seperti yang saya pakai pada foto di atas. Padukan saja dengan dress polos berwarna senada atau bahkan kontras dengan salah satu warna dominan pada batik tersebut.

*****

Nah, itu dia beberapa pilihan outfit versi saya yang bisa menjadi referensi sebagai baju pesta bagi muslimah. Bicara soal referensi baju pesta bagi muslimah, kamu juga bisa lihat beberapa pilihan baju muslim pesta lainnya. Ada banyak baju muslim pesta pada link tersebut, yang bisa kamu pilih & pakai untuk menghadiri undangan resepsi pernikahan selanjutnya.

Kalau baju pesta versi kamu seperti apa? Share juga ya lewat comment di bawah...

Salaam,
IndahRP

You Might Also Like

22 comments

  1. Kalau ke acara pesta (mostly pesta pernikahan a.k.a kondangan) aku prefer pake dress, ringkess.. btw indahh blog kamu cantik banettt.. i laik it :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di artikel mau aku tulis kondangan tapi biar gaya, tetep jadinya resepsi pernikahan hahaha..

      Iyaa di antara 3 pilihan itu, aku juga paling sering pakai dress karena super ringkes ga pake ribet.

      Makasih kak puput, aku juga suka sama tampilan blognya kak pupuuut :*

      Delete
  2. Duuh cantiks Indah.. Dulu suka pake kebaya, sekarang kondangan apa aja yang ringkes & ngga gerah krn harus gendong & ngejer2 Raya hihihi XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, dress atau abaya emang paling ringkes deh & gerak pun bebas..

      Delete
  3. Sama ky sandra. Skrg apa aja deh yg ringkes n ttp sopan soalnya skalian jagain bocil. Tp ttp sih plg sering dress atau 2 pcs macam peplum n rok batik. Hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa.. kalo udah bawa anak-anak pastinya pilih outfit yg nyaman & ga bikin repot yaa..

      Delete
  4. Brb intip zalora.. Aku bisanya kalo belanja di zalora nyari tas atau dompet aja sih, belom berani beli baju, takut kurang pas sama ukuran badan, soalnya badanku tinggi, takunya beli baju tangannya ngatung.. soalnya pernah ngalamin sih, jadi belom berani lagi.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku biasanya lihat ukuran detailsnya yg ada detail lengkapnya, termasuk panjang lengan jadi bisa disesuaikan dengan ukuran badan sendiri..

      Delete
  5. Mba Indah batiknya cantik banget :D hana sukaaa :D makasih ya udah share tipsnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu batik aku beli di Solo, lucu yaa warnanya.. sama-sama Hana :)

      Delete
  6. Nanti kalo udah jadi ibu-ibu, checklist baju pestanya nambah lagi: Semua yang pake retsleting / kancing depan :D Paling gampang sih pake dress/abaya yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa.. kalo udah jadi busui, wajib hukumnya semua baju dengan resleting/kancing depan yaa..

      Delete
  7. untuk pake dress atau gamis aku setujua banget teh, karena ini andalan ku juga hihi, simpel dan engak perlu pusing mix max yah heheh
    tinggal makeup dikit, pake tas
    Dahh jadi deh, tinggal berangkat ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuul.. mix and match nya ga banyak karena dengan pakai dress udah termasuk 1 baju saja tinggal sesuaikan asesorisnya ya..

      Delete
  8. Akupun sama, prefer pake dress, biar keliatan makin tinggi bin langsing, padahal sih nggak..wkwkwkw, makasih indah sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. aku pun kadang alasannya juga begitu kok mba anin makanya lebih sering pakai dress :D

      Delete
  9. I choose mix n match batik peplum dan outer batik. Entah kenapa kalo kondangan pake batik, walaupun batiknya model celana berasa anggung gituh. Anyway thanks for sharing indah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Batik memang paling cocok buat acara formal ya.. wah, aku belum pernah coba tuh celana batik yg pas buat acara formal..

      Delete
  10. Cantik2 pilihannya ndah. Klo sekarang pilih yg cepet aja persiapannya, dan ringkes. Ga bisa deh pake kain lagi, remfong ngejar anak. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa kalo pake kain biasanya harus rapet singset yee.. mesti jalan anggun, ga bisa wara-wiri hihihi

      Delete
  11. Pilihannya bagus-bagus, aku suka

    Kalau casual apakah bisa dibuat ke pesta juga mba?

    Maklum masih remaja? takut pakai dress atau kebaya dikira tua... :D




    Hijabasta | www.hijabasta.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pestanya formal seperti ke resepsi pernikahan misalnya, sebaiknya jangan memakai baju kasual seperti untuk jalan-jalan atau kuliah. lebih baik pakai dress saja untuk yang tidak biasa memakai kebaya atau batik.

      Delete