Cantik Dari Hati: Menjadi Diri Sendiri

12:53 AM


Assalamualaikum!

Sebagai muslimah, sudah fitrahnya ingin menjadi cantik. Akan tetapi kecantikan seorang muslimah yang sesungguhnya itu bukan hanya secara fisik saja loh, melainkan yang lebih utama adalah dengan cantik dari hati. Mengapa? Karena dengan cantik dari hati, kecantikan seorang muslimah akan semakin terpancar baik dari dalam maupun luar. Ingin tahu bagaimana caranya untuk menjadi cantik dari hati? Yuk, simak beberapa tips berikut ini...

Bagi saya, cantik dari hati adalah menjadi pribadi yang dari pemikiran, perkataan, & perbuatannya dapat memberikan hal yang positif. Hal positif ini tidak hanya bagi dirinya sendiri, namun juga bagi banyak orang di sekitarnya. Karena saya percaya, energi positif dari seseorang akan menular kepada orang-orang di sekitarnya & dengan dikelilingi dengan banyak hal positif akan membuat kita jauh lebih bahagia.

Tapi bagaimana caranya agar menjadi muslimah yang dapat memberikan hal positif, sehingga akan semakin terpancar cantik dari hati pada dirinya? Nah, berikut ini beberapa hal yang bisa kita lakukan...


Senyum!
Ini adalah langkah pertama untuk memancarkan cantik dari hati. Selain senyum adalah ibadah & sedekah paling mudah, ternyata dengan tersenyum akan membawa energi positif bagi kita maupun bagi orang lain yang melihat kita tersenyum. Tidak percaya? Coba deh senyum & sapa kepada anggota keluarga, teman, atau bahkan orang asing yang berpapasan di jalan sekali pun, insyaAllah akan dibalas dengan senyuman pula. Jadi kita memberikan energi positif kepada orang lain melalui senyuman kita, begitu pula sebaliknya.

Tapi... senyumnya jangan berlebihan juga ya.. Maksudnya, jangan senyum yang terpaksa atau senyum sekedarnya saja. Lakukan senyum dari hati, yaitu dengan tersenyum sebagaimana kita ingin melihat orang lain tersenyum kepada kita. Seperti ini ^_^

Lembutkan Hati
Tahukah kamu? Jika hati kita sudah terisi dengan amarah, kebencian, kesedihan, atau rasa kecewa, bisa jadi itu tanda kerasnya hati. Apabila hati dibiarkan terus-menerus keras, yang terpancar hanyalah kemarahan atau kesedihan. Nah, kalau sudah marah atau sedih tidak akan terlihat cantiknya bukan?

Karena itu agar tetap bisa cantik dari hati kita harus memiliki hati yang lembut. Sebagai muslimah yang baik, cara agar dapat melembutkan hati adalah dengan banyak mengingat Allah. Baik melalui berdzikir, berdo'a, maupun membaca Al-Qur'an. Membiasakan diri untuk membantu atau berbagi dengan orang lain yang lebih membutuhkan juga dapat melatih diri kita untuk senantiasa lembut hatinya.

Sebagaimana dalam hadist Rasulullah SAW, “Sungguh, segala sesuatu yang dihiasi kelembutan akan nampak indah. Sebaliknya, tanpa kelembutan segala sesuatu akan nampak jelek.” (HR. Muslim No. 2594)

Percaya Diri
Setiap manusia pasti memiliki kelebihan & kekurangan, akan tetapi kebanyakan dari kita merasa malu apabila memiliki kekurangan. Ditambah masih ada yang menilai seseorang hanya dari penampilan luarnya saja. Walaupun secara fisik kita tidaklah menarik seperti orang lain yang sering dipuji "cantik", namun bila kita memiliki kepercayaan diri yang baik maka kita tidak perlu merasa berbeda.

Seorang muslimah yang percaya diri akan terpancar dari dalam dirinya kecantikan yang berbeda, yang tak hanya cantik dari hati namun juga cantik dari luar. Jadi bagaimana pun penampilanmu, tetaplah percaya diri! Buktikan pada orang-orang di sekitarmu bahwa kamu juga cantik seperti yang lainnya.

Islami
Jika semua poin di atas sudah kita lakukan, cantik dari hati seorang muslimah belumlah sempurna bila kita belum menjadi pribadi yang islami. Dengan menjalankan perintah-Nya & menjauhi larangan-Nya, insyaAllah akan menjadikan kita pribadi yang islami. Membiasakan mengucapkan salam, menghormati orang yang lebih tua, menyayangi yang lebih muda, & hal baik lainnya yang tidak hanya hablum minannaas (hubungan dengan manusia) namun juga hablum minallah (hubungan dengan Allah).


Menjadi Diri Sendiri
Terakhir, agar menjadi seorang muslimah yang cantik dari hati adalah dengan menjadi diri sendiri. Ya, jadilah dirimu sendiri! Terinspirasi dari orang lain tentu boleh saja, namun tetaplah menjadi diri sendiri karena setiap pribadi memiliki keunikannya tersendiri. Dengan menjadi diri sendiri, kita akan lebih memahami diri kita, sehingga dapat mengembangkan diri sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

"Karena cantik dari hati akan semakin terpancar ketika kamu menjadi diri sendiri."

Ini makna cantik dari hati versi saya, bagaimana dengan kamu?

Salaam,
IndahRP

Tulisan ini diikutsertakan dalam WARDAH #CantikDariHati Blog Writing Competition

You Might Also Like

12 comments

  1. Masha Allah....dokter ketjeh ini memang cantik luar dalam insya Allah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. MasyaAllah.. aamiin mba anggi!
      Mba anggi juga pasti cantik luar dalam insyaAllah :)

      Delete
  2. Yg sering aku temuin sekarang ini banyak banget perempuan yg aku akui cantik secara fisik tapi ngomongnya ngga dijaga. Kayaknya omongan kasar, umpatan dan sejenisnya itu hal yg biasa jadi pas ngomongnya juga enak aja gitu.. Istilahnya, ngga ada saringannya. Yg tadinya terpesona sama kecantikan fisiknya langsung jadi ilfil banget! Mirisnya, yg begitu itu malah jadi panutan anak-anak zaman sekarang >__<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa sedih yaa kak, miris liatnya..
      Banyak yang "dinilai" cantik secara fisik tapi ternyata belum cantik dari hati :(
      Semoga yang seperti itu ga lagi-lagi dijadikan role model yaa..

      Delete
  3. Indah... tetiba aku ingat lagunya Cherrybelle... kamu cantik, cantik, dari hatimuuu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm.. makasih loh kak udah nyanyiin buat aku ;)

      Delete
  4. Baru mau komen lagu cherrybelle, hahaha. Cantik dari hati yang tulus inshaa Allah, inner beauty-nya juga akan kelihatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuuu.. kalo hatinya tulus pasti terpancar sendiri kecantikannya yaa

      Delete
  5. Org yg cantik dr hati biasanya senyumnya adhem gitu ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget, udah bisa keliatan dari senyumnya aja mana yg dari hati atau bukan. yg dari hati pasti lebih adeeem

      Delete
  6. Buat aku paling susah itu percaya diri hihihihi... Kadang kok ngga pede yaa, gimana mau cantik kalau kagak pedeaaan *masalah akooh* XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. somehow aku juga ga percaya diri kok mba sandra..
      cuma akhirnya dibuat pede aja, karena makin minder akan buat kita makin terlihat "suram" :D

      Delete