Sociolla March Freebies: Vitacreme B12

9:55 PM


Assalamualaikum!

It's another Sociolla's freebies! Kali ini freebies yang saya dapatkan adalah produk skin care dari VITACREME B12. Oh ya, sebelumnya saya mau sedikit bercerita mengapa akhir-akhir ini saya mulai tertarik dengan dunia skin care

Bisa dikatakan saya mulai tertarik dengan dunia perawatan wajah atau dikenal dengan dunia per-skin care-an ini pada 1 tahun terakhir. Mengapa? Pertama... saya tidak mahir dalam dunia mempercantik diri melalui makeup, sehingga sudah tidak mungkin saya bisa melakukan koreksi terhadap wajah saya melalui makeup. Kedua... to be honest, I prefer without any makeup & I'm proud of my bare face. Ketiga, nah ini alasan yang paling penting menurut saya... wajah yang terawat itu aset bagi perempuan loh! Selain menyenangkan diri sendiri karena memiliki kulit wajah yang bersih terawat meskipun bertambahnya usia, sekaligus bisa jadi aset berharga untuk *ehem* suami. Siapa lagi yang bisa pegang-pegang wajah sepuasnya kalau bukan diri sendiri & suami? hayooo...

Untuk alasan terakhir, yaa walaupun saya belum menikah tapi mengapa tidak "investasi" perawatan wajah mulai dari sekarang? Karena semakin awal akan semakin baik, sebelum timbul keluhan kulit wajah lainnya seiring bertambahnya usia. So, that's why I learn how to do some skin care routines. Saya mulai mencari tahu hal ini dari postingan beberapa blogger seperti Andra Alodita & Nalia Rifika (mrsdelonika), silakan cek blog yang bersangkutan yaa untuk mengetahui bagaimana serta seperti apa skin care routines mereka.

Oke, kembali lagi ke topik semula yaitu mengenai produk VITACREME B12 yang dikirimkan oleh Sociolla. Sudah bisa ditebak ya kalau yang diangkat dari produk skin care asal Swiss ini adalah kandungan vitamin B12 di dalamnya. Lalu bagaimana manfaat vitamin B12 bagi kulit?
*CATATAN: Tulisan ini dibuat dari sudut pandang personal, bukan pendapat sebagai seorang dokter*
Dari beberapa jurnal penelitian yang saya baca (sumber 1 // sumber 2) bahwa pemakaian vitamin B12 topikal (obat yang dipakai pada kulit) digunakan dalam terapi dermatitis atopi/eksim, untuk mengurangi gejala seperti kulit kemerahan & rasa gatal. Tentunya kedua gejala tersebut tidak hanya muncul pada kasus dermatitis atopi/eksim saja, melainkan juga pernah kita alami sehari-hari misalnya kulit kemerahan & rasa gatal karena terpapar sinar matahari atau karena iritasi lainnya.

Saya memperoleh 2 jenis produk dari VITACREME B12, yaitu: VITACREME B12 Day Cream Sun Protection & VITACREME B12 Lightening Beauty Cream. Yuk, kita lihat satu per satu...

VITACREME B12 Day Cream Sun Protection


Dari namanya saja sudah bisa kita ketahui bahwa fungsi dari produk ini adalah sebagai krim pelindung dari sinar matahari. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, bahwa paparan sinar matahari yang terlalu menyengat atau terlalu lama dapat menimbulkan keluhan rasa "terbakar" seperti kulit kemerahan maupun gatal. Untuk mencegah atau mengurangi paparan langsung sinar matahari bagi kulit wajah, bisa menggunakan produk yang berfungsi sebagai sun protection seperti: sun block / sun screen / day cream dengan kadar SPF (Sun Protecting Factor) yang cukup.

Pertanyaan selanjutnya, berapa kadar SPF yang dikatakan cukup? Tergantung kondisi & kebutuhan. Untuk cuaca tropis seperti di Indonesia, kadar SPF 15 atau lebih sudah cukup melindungi. Kadar SPF yang lebih tinggi dibutuhkan bila memiliki kondisi kulit tertentu, sepeti: kulit yang sangat putih atau kulit yang sangat sensitif terhadap sinar matahari. Selain itu lamanya waktu terpapar langsung oleh sinar matahari juga menentukan kadar SPF yang dibutuhkan. Selain kadar SPF, jangan lupa carilah produk yang dapat melindungi dari sinar UVA & UVB. Produk sun protection sebaiknya digunakan 15-30 menit sebelum terkena sinar matahari.

Bagaimana dengan VITACREME B12 Day Cream Sun Protection ini? Pada kemasannya, dikatakan produk ini memiliki kadar SPF 30+++ (saya sendiri tidak mengetahui apa makna +++ yang dimaksud), dengan perlindungan terhadap sinar UVA & UVB. Dengan keterangan tersebut, saya rasa produk ini dapat cukup melindungi dari sinar matahari di Indonesia. Selain itu kandungan vitamin B12 di dalamnya juga dapat mengurangi keluhan kulit kemerahan & gatal akibat sinar matahari, seperti yang saya jelaskan sebelumnya.


VITACREME B12 mengklaim bahwa produk day cream ini memiliki beberapa keunggulan, seperti:
- Merupakan krim anti-penuaan, anti-oksidan, pelembab, & ultra-tahan air.
- Memiliki formula dengan kombinasi ideal vitamin (B5, C, E, B12) & UVA-UVB filter solar.
- Dapat menjaga kulit agar tetap lembab & melindungi dari efek berbahaya matahari.
- Dapat mencegah penuaan dini & keriput yang disebabkan oleh sunbeams & melindungi dari polusi.
- Dapat  menenangkan, melembabkan, & menjaga elastisitas kulit.

Dari segi packaging, produk ini memiliki kemasan yang cukup simple dengan box & tube berwarna dominan oranye yang jelas dapat merepresentasikan sebuah produk sun protection. Dengan ukuran tube yang tidak begitu besar & berbahan plastik, menjadikannya sangat ringan & mudah dibawa di dalam tas maupun kantong. Jika baru membuka tutupnya, lubang tube masih ditutupi oleh aluminium foil yang mudah dibuka. Sedangkan dari segi tekstur, produk ini pada dasarnya adalah krim berwarna putih seperti sun block / sun screen pada umumnya. Ketika diaplikasikan pada wajah saya, hasilnya tidak terlalu lengket. Untuk keharuman, produk ini juga seperti produk serupa lainnya memiliki harum seperti obat.

VITACREME B12 Lightening Beauty Cream


Nah, kalau produk yang satu ini lebih dikenal dengan VitaBlanc. Kata "blanc" sendiri dalam bahasa Perancis berarti "putih, jadi sudah bisa ditebak juga yaa fungsi produk ini yaitu untuk mencerahkan & memutihkan kulit wajah. Produk ini katanya sangat terkenal di beberapa negara Asia, salah satunya adalah Jepang.

VITACREME B12 mengklaim produk lightening beauty cream ini memiliki beberapa keunggulan, yaitu:
- Dapat memutihkan kulit dengan cepat.
- Dapat meratakan warna kulit & mengurangi tanda pigmentasi.
- Dapat mencegah hilangnya keelastisitasan & kekencangan kulit.
- Paraben-free, 100% aman & lembut, cocok untuk segala jenis kulit bagi segala usia.


VITACREME B12 Lightening Beauty Cream dapat dipakai di pagi dan/atau malam hari pada wajah yang telah dibersihkan terlebih dahulu. Dari segi packaging, produk ini memiliki kemasan yang sama persis dengan tube pasta gigi. Dengan kemasan seperti ini tentu akan membuat produk ini lebih mudah "penyok" ketika isinya dikeluarkan, jadi saya agak kurang suka sih dengan kemasan seperti ini (lihat saja hasil produk yang saya foto sudah mulai "penyok" karena agak tertekan).

Jika baru membuka tutupnya, lubang tube masih ditutupi oleh aluminium foil. Namun pada produk ini penutup aluminium foil terbungkus di bagian dalam seperti krim obat, sehingga tidak semudah pada produk day cream untuk membukanya. Bagaimana cara membukanya? Eh, jangan ditusuk dengan pisau atau ujung gunting atau peniti yaa.. Untuk tutup kemasan sepeti ini, cara membukanya sangat mudah sebenarnya tanpa perlu mencari pisau, gunting, maupun peniti. Cukup tusuk dengan ujung tutup tube produk tersebut (seperti yang saya contohkan pada foto di atas).

Untuk tekstur, produk ini juga dalam bentuk krim berwarna merah muda. Awalnya, ketika diaplikasikan pada wajah saya memang sedikit berminyak. Namun lama-lama menjadi kering karena telah meresap ke kulit wajah. Rasanya langsung lembut & halus seketika entah mengapa. Untuk keharuman, produk ini juga memiliki harum seperti obat. Padahal ekspektasinya ada wangi lembut seperti musk gitu..

Pemakaian VITACREME B12 Lightening Beauty Cream / VitaBlanc
(kiri: awal pemakaian // kanan: setelah kering & meresap)

Oh iya, untuk wanita hamil & menyusui sebaiknya menggunakan kedua produk ini setelah melahirkan & menyusui yaa.. Karena ada beberapa kandungan dalam kedua produk ini yang mungkin dapat mempengaruhi kerja hormon yang dapat berdampak bagi wanita hamil & menyusui. Selain itu, tidak disarankan juga bagi yang memiliki alergi terhadap vitamin B12 (walaupun jarang terjadi). Apabila muncul tanda-tanda alergi seperti kemerahan di daerah yang diaplikasikan, langsung hentikan pemakaian produk ini & jika alergi masih terus berlanjut periksakan diri ke dokter. Karena tingkat alergi terhadap apapun pada setiap orang dapat berbeda-beda.

Soal harga, kedua produk VITACREME B12 ini dijual dengan harga Rp 269.900 yang bisa diperoleh secara online melalui website Sociolla. Jangan lupa untuk memakai kode voucher SBNLAX34 untuk memperoleh potongan harga sebesar Rp 50.000 untuk pembelian minimal Rp 250.000.

Sekian review saya mengenai produk freebies dari Sociolla, semoga Sociolla tidak bosan untuk mengirim freebies lainnya hehe.. Sampai jumpa pada blog post selanjutnya!

Salaam,
IndahRP

You Might Also Like

6 comments

  1. Bagus Ndahh reviewnya! 👍 lengkap banget infonya. Ak masih bingung bikin review (berhubung menyusui) karena kalo cuma unboxing doang, rasanya kurang greget gimanaaa gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe makasih kak tiaaa.. aku soalnya kalo review cuma plus minus terlalu biasa, jadi ku tambahin deh yg sesuai gaya tulisan ku :)

      Kak tia bikin selain unboxing, mungkin bisa ditambah tips apa gitu yg emang gaya penulisannya kak tia..

      Delete
  2. Di aku kayaknya ga cocok nih. Rasanya bikin nambah jerawatan aja. Tapi gatau jugasih. Lagi stop pemakaian. Mudah2an jerawatnya bukan karena produknya hehe. Bete juga kalo alergi vitamin B12 TuT

    magellanictivity.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang namanya skin care emang cocok-cocokan sih yaa.. coba di stop dulu aja pemakaiannya. Kalo aku pas coba produknya sih ga aku gabung sama produk yg lain.. mungkin bisa dicoba juga :)

      Delete
  3. Haduh katrok banget aku. Yang buka vitablanc ditusuk pake ujung gunting.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. memang banyak yg belum "ngeh" kalo model tutup aluminium foil seperti itu bisa dibuka dengan ujung tutup tube nya :)

      Delete