PAPOF Restaurant - Bed & Breakfast

3:56 PM


Assalamualaikum!

Akhirnya ada sedikit waktu luang bagi saya untuk kembali menulis di blog. Setelah beberapa waktu sebelumnya saya berbagi seputar beauty maupun event review, pada blog post berikut ini adalah mengenai food & place review. Kali ini merupakan pengalaman saya saat berada di sebuah restoran yang berlokasi di Cisarua (kawasan Puncak), Bogor yaitu PAPOF Restaurant - Bed & Breakfast.

Saya berkunjung ke restoran ini bersama teman saya, Dita saat kami berdua tidak ada jadwal bertugas di rumah sakit pada awal bulan Maret beberapa minggu lalu. Kebetulan juga lokasi ini hanya berjarak sekitar 30 menit dari tempat kami bertugas saat ini, Alhamdulillah kondisi lalu lintas saat itu juga tidak ada kemacetan yang berarti. Lokasi PAPOF Restaurant - Bed & Breakfast ini berada sebelum kompleks wisata perkebunan teh Gunung Mas, jika ditempuh dari arah Jakarta. Alamat & kontak lengkapnya akan saya sebutkan di akhir tulisan, atau bisa dilihat pada foto pertama dari blog post ini.

Sebelum saya review lebih lanjut, sekilas info bahwa PAPOF Restaurant - Bed & Breakfast ini tidak hanya sebuah restoran melainkan juga terdapat beberapa bangunan yang bisa digunakan sebagai penginapan. Sederhananya, restoran di sini adalah restoran yang terbuka umum yang bisa dinikmati bagi tamu yang menginap maupun yang tidak menginap seperti saya.


Lokasi tempat ini tepat di pinggir jalan raya Cisarua-Puncak, namun tidak terlalu tampak dari luar karena terdapat dinding pagar yang cukup tinggi sehingga jika dilihat sekilas tempat ini tidak terlalu terekspos seperti restoran atau tempat kuliner lainnya di kawasan Puncak yang sudah ramai dikunjungi wisatawan. Seperti halnya saat saya & Dita berkunjung, hanya ada 2 kelompok pengunjung lainnya, pada 1 jam berikutnya sepertinya hanya kami berdua yang ada di sana hingga pulang. Jadi tempat ini sangat cocok bagi yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama keluarga, sahabat, maupun pasangan dalam suasana yang lebih hangat & tidak terlalu ramai.

Dari sisi eksterior, bangunan restoran maupun penginapan di PAPOF Restaurant - Bed & Breakfast ini terlihat dalam nuansa vintage Belanda (correct me if I'm wrong). Begitu pula saat memasuki bagian dalam bangunan, desain interior dari tempat ini terlihat sederhana & hangat khas nuansa vintage. Bagi saya, suasana seperti di rumah sendiri ini dapat membuat pengunjung nyaman & betah untuk menghabiskan waktu lebih lama sekaligus cocok bagi untuk daerah Puncak yang cukup segar, ditambah adanya taman & pepohonan yang bisa dilihat dari jendela. Jendela yang selalu terbuka disini juga jadi nilai plus di mata saya, karena menghasilkan ventilasi udara yang baik & hemat listrik karena pencahayaan langsung dari sinar matahari saat pagi maupun siang hari.

Nilai tambahan lainnya dari segi eksterior maupun interior dari tempat ini adalah sangat fotogenik untuk lokasi foto-foto, apalagi bagi masyarakat jaman sekarang (termasuk saya) yang hobi mengabadikan momen dalam bentuk foto. Itu juga yang menjadi salah satu alasan saya datang ke tempat ini adalah untuk hunting foto yang bisa di-upload di media sosial & blog ini, karena pertama kali saya mengetahui tempat ini pun dari salah satu akun instagram yaitu @visitbogor yang terlihat sangat instagram-able hehehe. 



Tidak terlalu berbeda dengan konsep eksterior & interior dengan kesan vintage, untuk sajian makanan & minumannya pun juga makanan rumah khas Belanda. Saya memilih Hot Chamomile Tea yang sangat cocok dinikmati ketika udara sejuk seperti saat itu & Stampot Spinazie sebagai main course. Sedikit berbeda dengan saya, Dita memilih menu Hot Tea & Gehak. Ditutup dengan Poffertjes Boter & Powdersuiker sebagai dessert untuk kami berdua.

Untuk harga makanan & minuman disini, memang bisa dibilang memiliki rentang harga menengah ke atas. Khususnya bagi para pelajar atau pekerja yang masih baru-baru punya penghasilan seperti saya ini. Tapi sebenarnya harga makanan & minuman disini pun tidak jauh berbeda kok dengan harga-harga pada restoran atau cafe di kota-kota besar lainnya. Jika dilihat secara menyeluruh dari suasana tempat hingga sajian kulinernya, saya rasa cukup wajar dengan pengeluarannya.

Hot Chamomile Tea
Stampot Spinazie --- mashed potatoes & spinach with beef sausages, grilled tomato, special sauce with onions
Gehak --- beef with mashed & boiled potatoes, carrots, onions in special sauce
Poffertjes Boter & Powdersuiker --- poffertjes with butter & powdered sugar


PAPOF Restaurant - Bed & Breakfast by Dijan's 

Jl. Raya Puncak KM 85,1 - Cisarua, Tugu
Phone: (0251) 8257118

 Food: IDR 30K - 225K
Desserts & Beverages: IDR 18K - 70K
Wi-Fi: ON


Sekian sekilas food & place review saya seputar PAPOF Restaurant - Bed & Breakfast, silakan datang untuk merasakan pengalaman yang sama. Jika ditanya apakah saya merekomendasikan tempat ini? Jawabannya, tentu saja iya. Untuk yang bosan dengan suasana restoran di daerah Puncak, tempat ini bisa menjadi salah satu destinasi kuliner & untuk foto-foto tentunya.

Salaam,
IndahRP

You Might Also Like

2 comments

  1. Poffertjes & yg ada bayamnya itu menggoda selera, Ndaaah :9

    ReplyDelete
    Replies
    1. Poffertjes nya enak kak tiaaa.. adonannya & matangnya pas! hehehe

      Delete