Muslim Fashion Festival Indonesia : Gathering

3:21 PM


Assalamualaikum!

Akhir bulan Maret yang lalu, saya mendapat undangan via e-mail dari Indonesian Fashion Chamber (IFC) untuk menghadiri Gathering Muslim Fashion Festival Indonesia 2016. Acara gathering ini diadakan tanggal 30 Maret 2016, bertempat di Kementrian Perindustrian RI.

Suatu kebanggaan tersendiri bagi saya mendapat undangan untuk menghadiri acara ini, karena sebagian besar tamu undangan dalam acara ini adalah para pelaku industri & bisnis muslim fashion, media, hingga para influencer (termasuk blogger). Alhamdulillah, ini artinya saya mendapat apresiasi dari IFC sebagai salah seorang hijab blogger yang berkesempatan untuk menghadiri acara gathering ini secara langsung.

Gathering Muslim Fashion Festival Indonesia 2016 ini diadakan dalam rangka mempublikasikan Muslim Fashion Festival Indonesia (MuFFest ID) yang akan berlangsung pada 25-29 Mei 2016 di Plaza Selatan & Tenggara, Istora Senayan. Rangkaian acara MuFFest ID 2016 ini akan diramaikan oleh 400 brand, 200 designer, & 5 negara yang tergabung dalam Islamic Fashion Council.

Dalam acara Muslim Fashion Festival Indonesia 2016 akan ada total 400 booth, yang terdiri dari 200 booth di Plaza Tenggara Senayan & 200 booth di Plaza Selatan Senayan. Bukan hanya produk fashion saja yang akan disajikan, namun juga ada produk perhiasan, sepatu, tas, hingga makanan --- itulah mengapa dikatakan sebagai suatu "festival" bukan hanya fashion week pada umumnya. Tentu saja sesuai dengan tema utamanya yaitu Muslim Fashion, maka akan ada berbagai fashion show yang akan ditampilkan. Menurut perwakilan panitia yang disampaikan oleh Ibu Irna Mutiara & Ibu Lisa Fitria, akan ada total 30 slot fashion show dalam 5 hari yang setiap harinya berisi 6 fashion show mulai dari pukul 11:00 hingga 19:00 WIB. Runway sepanjang 65 meter dengan kapasitas 500-600 kursi akan disiapkan untuk fashion show tersebut. Luar biasa.


Selain penjelasan mengenai Muslim Fashion Festival Indonesia 2016, pada gathering ini juga diisi dengan diskusi panel dengan berbagai narasumber dari perwakilan dari Kementrian Perindustrian RI, Kementrian Perdagangan RI, Indonesia Fashion Chamber (IFC), Majalah Noor, Wardah, & ElHijab. Diskusi panel ini membahas tema "Indonesia Sebagai Pusat Muslim Fashion Dunia".

Seperti diketahui bersama bahwa Indonesia dengan mayoritas masyarakatnya adalah muslim, tentu diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi negara dengan penduduk muslim lainnya termasuk dalam bidang fashion. Pemerintah maupun para pelaku usaha muslim fashion di Indonesia, memiliki target pada tahun 2016 produk muslim fashion Indonesia akan menjadi pasar terbesar di negara ini sendiri. Kemudian pada tahun 2018 diharapkan muslim fashion Indonesia dapat meraih pasar terbesar di Asia, hingga akhirnya pada tahun 2020 ditargetkan akan menjadi pasar terbesar di dunia. Tujuan dari Indonesia sebagai pusat muslim fashion dunia adalah diharapkan Indonesia dapat menjadi pusat inspirasi & pusat produksi dalam bidang muslim fashion, serta produk muslim fashion Indonesia dapat menjadi pemasukan yang cukup besar bagi negara & masyarakat.


Acara gathering Muslim Fashion Festival Indonesia 2016 ini ditutup dengan fashion show dari 20 designer muslim fashion Indonesia, antara lain: Itang Yunasz, Kavita Indonesia, Nuniek Mawardi, Hannie Hananto, Irna Mutiara, Monika Jufry, Najua Yanti, Poppy Theodorin, Norma Hauri, Restu Anggraeni, Zaskia Adya Mecca, Ria Miranda,Vivi Zubedi, Dian Pelangi, Ghaida Tsurayya, Fitri Aulia, dll. Semua rancangan karya para designer ini diperagakan oleh Zaura Models.


Di akhir acara saya sempat silaturahim dengan Teh Ghaida Tsurayya & Kak Fitri Aulia, keduanya ikut menampilkan rancangannya pada sesi fashion show tadi. FYI, awal datang ke acara ini saya benar-benar datang sendirian tanpa membawa teman atau bertemu dengan muslimah lainnya yang sudah saya kenal sebelumnya. Alhamdulillah, di akhir acara saya bisa bertemu kedua kakak sholehah ini, jadi temu kangen deh ceritanya :)


Sekian liputan singkat mengenai acara Gathering Muslim Fashion Festival Indonesia 2016 yang saya hadiri pada akhir Maret kemarin. Semoga bermanfaat yaa..

Jangan lupa catat baik-baik pada tanggal 25-29 Mei 2016 untuk datang & meramaikan Fashion Festival Indonesia 2016 di Plaza Selatan & Tenggara, Istora Senayan. See you!

Salaam,
IndahRP

You Might Also Like

0 comments