Life Update: November 2015

10:43 PM


Assalamualaikum!

Oh, I miss to keep blogging so bad! :(

Sudah 1 bulan lamanya tidak ada postingan baru di blog ini, padahal banyak sekali yang ingin saya bagikan disini (yang pada akhirnya semakin bertumpuk di draft). Walaupun sudah memasuki pertengahan bulan Desember 2015 & menuju 2016, tapi kali ini saya ingin menceritakan beberapa hal yang terjadi di bulan November 2015. Mengapa? Karena ada beberapa hal baru yang terjadi di bulan ini...

* * * * * * * * * *

- Resmi Menjadi Dokter Internsip -


Jika ada yang masih ingat, sekitar bulan Mei yang lalu saya sibuk mempersiapkan diri untuk Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) seperti yang pernah saya ceritakan di sini. Selanjutnya pada bulan Agustus, Alhamdulillah saya telah melaksanakan pelantikan & sumpah dokter sehingga resmi menyandang gelar dokter (dr.) di depan nama saya yang juga pernah saya ceritakan pada postingan di sini.

Namun perjalanan saya belum selesai sampai di sana, karena saya masih harus menjalani Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) untuk pemantapan selama 1 tahun bagi para dokter yang baru disumpah seperti halnya saya sendiri. Hmm, pengertian awamnya kira-kira dokter internsip itu adalah dokter yang baru disumpah yang mengabdi pada Puskesmas & Rumah Sakit yang telah ditentukan oleh Kementrian Kesehatan (Kemenkes).

Awalnya, lokasi tempat pengabdian dokter internsip ini ditentukan langsung oleh Kemenkes. Namun pada beberapa tahun terakhir penentuan lokasi ini berlangsung secara online. Kira-kira seperti rebutan KRS di universitas-universitas, jadi siapa yang cepat (juga yang beruntung) akan lebih mudah mendapatkan lokasi yang diinginkan.

Nah, saat pemilihan lokasi ini lah benar-benar "portal combat". Beberapa teman saya bahkan ada yang mengibaratkan ini seperti "hunger games". Bayangkan saja, ada lebih dari 3000 dokter baru yang siap di tempatkan di beberapa lokasi di Indonesia yang masing-masing individu tentu memiliki pilihan untuk lokasi pengabdian mereka. Bagaimana dengan saya? Awalnya saya ingin sekali bisa mendapatkan lokasi pengabdian di Yogyakarta. Ya, saya rindu kembali menikmati keseharian saya di Yogyakarta seperti sebelumnya.

Namun... ketentuan Allah pun berkata lain, karena saya gagal pada hari pemilihan lokasi khusus di wilayah Yogyakarta. Sehingga saya harus kembali "bertarung" untuk pemilihan lokasi lainnya yang tersebar di Indonesia, tetapi lokasi-lokasi tersebut adalah lokasi yang belum terisi oleh para dokter yang berhasil memilih di hari pertama. Oke, saya mulai harap-harap cemas dimana saya akan mengabdi selama 1 tahun ke depan.


Dan akhirnya, saya mendapat tempat untuk mengabdi sebagai dokter internsip selama 1 tahun ke depan di daerah Cianjur, Jawa Barat. Inilah rencana Allah yang saya yakin jauh lebih baik dari keinginan saya, karena Alhamdulillah lokasinya lebih dekat dengan orangtua & keluarga. Jangan salah sangka dulu ya, bukan berarti saya tidak mau mengabdi di daerah yang lebih jauh. Namun, sejak SMA hingga kuliah yang kurang lebih 9 tahun lamanya saya jarang menghabiskan banyak waktu bersama dengan keluarga karena lokasinya jauh dari rumah.

Saya resmi menjalankan program dokter internsip pada bulan November 2015 ini, bersama dengan 18 dokter internsip lainnya yang berasal dari berbagai Fakultas Kedokteran di Indonesia. Selama 4 bulan pertama, saya ditempatkan di salah satu Puskesmas di daerah Cianjur bersama 6 dokter internsip lainnya & ditempatkan di rumah sakit untuk 8 bulan selanjutnya. Alhamdulillah, sampai saat ini sudah 1 bulan kami lewati dengan cukup lancar. Semoga semuanya lancar hingga selesai di November 2016 nanti aamiin..

- Indah Riyanti Putri, 24 tahun -


Di bulan November 2015 selain resmi menjadi dokter internsip, saya juga resmi berusia 24 tahun. Wah, udah pertengahan umur 20an ternyata.. Alhamdulillah, selama 24 tahun ini masih diberikan kesempatan oleh Allah dalam keadaan sehat wal 'afiat bersama keluarga, teman, & orang-orang di sekitar yang insyaAllah selalu memberikan dukungan dunia & akhirat. Alhamdulillah, satu per satu harapan di tahun-tahun sebelumnya Allah mudahkan jalan untuk meraihnya..

Manusia hanya bisa berencana & berusaha, karena Allah yang akan menentukan. Karena itulah masih banyak harapan yang ingin saya raih, semoga Allah memberikan saya, keluarga, & kita semua umur yang barokah & bermanfaat tidak hanya di dunia namun juga untuk di akhirat kelak. Aamiin..


* * * * * * * * * *

Sekian sedikit cerita saya selama bulan November 2015 kemarin, tulisan ini bukan bermaksud untuk pamer atau curhat tidak penting ya.. Namun untuk melepaskan rindu saya untuk menulis & berbagi cerita lewat blog ini. Hope you all enjoy to read it! :)

Have a nice day, good people!

Salaam,
IndahRP

You Might Also Like

3 comments

  1. Ka Indahkuuu sayang kangenn bangeett! Ka Indah jaga kesehatan ya, lancar semuanya insyaAllah. Peluk sayang dari Echa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kangen juga sama echaaaa! Aamiin, echa juga jaga kesehatan yaa & semoga lancar skripsweet nya.. peluk sayang kembali :)

      Delete
  2. Hai indah..
    Ini aku rima dari grup Sociolla di Line.. ^^

    Folback ya :)
    rima-angel.blogspot.co.id

    ReplyDelete