Syar'i Lifestyle x HijUp Event

9:00 AM

Assalamualaikum!

Alhamdulillah, minggu lalu saya mendapat undangan dari kak Fitri Aulia untuk menghadiri #SyariLifestylexHijup event. Acara ini berlangsung pada tanggal 28 Agustus 2015 di Ballroom Pondok Indah Golf Course, Jakarta. Saya langsung bersedia datang waktu dapat kabar dari kak Fitri tentang acara ini, karena udah lama juga ga silaturahim sama yang lain :)

Dalam undangan tertulis acara berlangsung dari pukul 15:00-18:00, saya pun tiba di lokasi acara sekitar pukul 14:30. Maklum saja, karena perjalanan Bogor-Jakarta suka sulit diprediksi waktu tempuhnya sehingga sering kali saya lebih baik datang lebih awal ketika menghadiri suatu acara di Jakarta. Saat masuk ke Ballroom Pondok Indah Golf Course, ternyata sudah cukup banyak undangan yang hadir termasuk dari kalangan media.

bersama Isti dari Laiqa Magazine

Saya pun bertemu dengan Isti, salah satu team dari Laiqa Magazine. Seru banget akhirnya bisa ketemu lagi, karena terakhir kali bertemu saat Gala Premiere film "Hijab" bulan Januari lalu. Berhubung jarang ketemu, langsung deh foto bareng dulu di backdrop #SyariLifestylexHijup event. Isti juga sempat meminta saya untuk foto #ootd di kameranya, katanya untuk liputan event ini di Laiqa Magazine. Mudah-mudahan foto saya bisa numpang lewat yaa di liputan tersebut. Hehe..

Scarf: Such by Suci Utami - Top & Skirt: Karita Muslim Square Yogyakarta

Bicara soal foto #ootd, berhubung belum banyak orang yang berfoto di backdrop #SyariLifestylexHijup event ini jadinya saya manfaatkan waktu menunggu mulainya acara untuk foto-foto. Dresscode dari acara ini adalah white & fuschia. Nah loh, saya kebingungan karena di lemari pakaian yang berwarna putih hanya ada baju untuk umrah & jas dokter! Hahaha.. Akhirnya saya hanya memakai jilbab berwarna fuschia agar tetap sesuai dresscode, mix & match dengan atasan berwarna dusty pink serta rok pink pastel motif floral.

Karena sebelumnya diluangkan waktu untuk sholat Ashar & menikmati snack yang telah disediakan, #SyariLifestylexHijup event ini dimulai pada pukul 15:45 dipandu oleh duo MC (kak Syifa & mas Syam). Sebelum rangkaian acara dilanjutkan, terlebih dahulu mendengarkan pembacaan ayat suci Al-Qur'an.


Pada sesi pertama adalah talkshow seputar gerakan Syar'i Lifestyle, yang terbentuk atas inisiasi dari Fitri Aulia dari Kivitz & Dian Marina dari Miss Marina berkolaborasi dengan Hijup.com. Kivitz & Miss Marina merupakan dua brand pakaian muslimah yang mengusung tema syar'i, dengan hijab yang menutup dada serta pakaian dengan potongan longgar.

Walaupun gerakan Syar'i Lifestyle ini lahir dari 2 orang designer, namun gerakan ini tidak hanya terbatas pada bidang Fashion saja. Kak Fitri & mbak Dian menjelaskan bahwa gerakan ini bertujuan sebagai ajakan untuk pembelajaran bersama agar sebagai muslim/muslimah dalam keseharian terbiasa hidup sesuai syari'ah, sebagaimana yang diajarkan dalam Al-Qur'an & hadits. Oleh karena itulah gerakan ini mencakup beberapa bidang, yaitu: ibadah, sedekah, fashion, food, & beauty.

Syifa (MC) - Dian Marina (Miss Marina) - Fitri Aulia (Kivitz) - Diajeng Lestari (Hijup.com)

Gerakan ini dimulai melalui sosial media, yakni akun instagram @syarilifestyle yang berbagi ilmu seputar ibadah (tata cara, do'a, maupun perintah dalam Al Qur'an maupun hadits), sedekah (ajakan untuk bersedekah), fashion (referensi pakaian muslimah syar'i), food (bagaimana makanan/minuman yang halal), & beauty (referensi make up atau perawatan wajah/tubuh yang halal).

Diharapkan dengan campaign melalui sosial media, dapat memudahkan masyarakat untuk memperoleh informasi mengenai gaya hidup yang syar'i. Mengingat saat ini hampir semua masyarakat tidak lepas dari peran sosial media dalam kesehariannya.


Selanjutnya, mbak Diajeng Lestari (CEO Hijup.com) juga menceritakan alasan dari Hijup.com mendukung gerakan Syar'i Lifestyle karena ternyata istilah "syar'i" itu tidak hanya untuk pakaian atau fashion semata. Melainkan segala sesuatu yang kita kerjakan mulai dari bangun tidur hingga kembali tidur sebenarnya sudah ada aturannya sesuai syari'ah. Dengan adanya gerakan ini, mbak Ajeng berharap semoga Hijup.com juga dapat turut membantu meningkatkan awareness muslimah mengenai gaya hidup sesuai syari'ah khususnya dalam bidang fashion.


Selain sharing dari kak Fitri, mbak Dian, & mbak Ajeng mengenai gerakan Syar'i Lifestyle, hadir juga mas Boy Mareta (Dompet Dhuafa) yang sharing mengenai pentingnya sedekah sebagai bagian dari gaya hidup sesuai syari'ah. Mas Boy menjelaskan bahwa sedekah itu berarti pemberian, dimana pemberian ini diberikan untuk mengharap ridha Allah. Hal yang dapat diberikan untuk sedekah dapat berbagai macam, selama hal tersebut halal & baik. Ibaratnya kalau kita sendiri saja pasti lebih senang jika diberikan hadiah yang halal & baik, tentu tidak mau kan memberikan yang haram & buruk kepada orang lain atau untuk di jalan Allah?

Bersedekah itu tidak hanya dilakukan bagi mereka yang memiliki harta saja, seperti dalam hadits dijelaskan bahwa "senyum kepada sesama muslim adalah ibadah". Jadi jangan ragu lagi untuk memberikan senyum terbaikmu, karena ini adalah sedekah paling mudah yang bisa kita lakukan sebanyak-banyaknya :)

Boy Mareta (Dompet Dhuafa) menjelaskan mengenai pentingnya sedekah

Ada juga sharing dari mbak Aisha Maharanie dari Halal Corner, yang merupakan wadah untuk berbagi informasi mengenai produk halal. Menurut mbak Aisha, seperti peribahasa "you are what you eat" bahwa diri kita adalah dari apa yang kita makan/minum maupun yang kita konsumsi. Jadi jika dari yang dikonsumsi sehari-hari saja sudah tidak halal, bagaimana dengan yang lainnya? Sehingga penting bagi muslim/muslimah untuk mengetahui dengan jelas produk apa saja yang halal. Apalagi saat ini banyak produk impor atau produk lainnya yang sudah terkenal, namun belum jelas kehalalannya.

Aisha Maharanie (Halal Corner) berbagi cerita mengenai pentingnya mengetahui produk-produk halal

Terakhir, sharing dari mbak Suci Hendryna dari Wardah Cosmetics yang berbagi mengenai pentingnya kosmetik halal bagi muslimah. Kosmetik tidak hanya sekedar make up saja, namun juga meliputi perawatan wajah maupun tubuh. Walaupun kosmetik tidak dikonsumsi langsung ke dalam tubuh seperti makanan/minuman, namun sebagai muslimah kita harus menggunakan kosmetik halal. Karena bahan-bahan dalam kosmetik secara tidak langsung juga melekat & ada juga yang menyerap melalui kulit. Salah satu produk kosmetik halal lokal yang dikenal adalah Wardah Cosmetics.

Suci Hendryna (Wardah Cosmetics) sharing mengenai Wardah sebagai kosmetik halal

Setelah keenam pembicara berbagi cerita sesuai bidangnya masing-masing, dibuka sesi tanya jawab bagi 3 orang & mereka berhak mendapatkan bingkisan dari Dompet Dhuafa. Selain talkshow & tanya jawab, ada juga games tutorial hijab syar'i dengan hadiah yang tidak kalah menarik bagi para peserta.

penanya yang mendapatkan bingkisan dari Dompet Dhuafa
games tutorial hijab syar'i

Selain sosialisasi mengenai gerakan Syar'i Lifestyle melalui talkshow, acara ini sekaligus untuk Preview Collection Fall/Winter 2015 dari Kivitz & Miss Marina. Koleksi-koleksi terbaru dari keduanya, secara eksklusif dapat diperoleh di situs Hijup.com.

Koleksi pertama adalah Kivitz Collection Fall/Winter 2015 dengan tema "Gracious Portrayal". Pada koleksi ini, Kivitz menampilkan 20 koleksi dengan warna-warna bold gelap seperti hitam, biru dongker, merah maroon, coklat tua, & abu-abu dengan sentuhan warna putih pada beberapa koleksinya. Semua koleksi Kivitz dalam cutting yang simple namun tetap terkesan tegas dengan adanya motif garis asimetris untuk beberapa bagian. Selain itu Kivitz juga tetap dalam tagline "Syar'i & Stylish", semua koleksi memiliki design yang longgar dalam bentuk abaya maupun cape & oversized outer dengan hijab yang menutup dada.

Koleksi favorit saya adalah koleksi dengan oversized outer mix & match dengan abaya yang simple. Yup, oversized outer is trending nowadays!
3 outfit favorit saya dari koleksi Kivitz "Gracious Portrayal"
Kivitz Collection Fall/Winter 2015 "Gracious Portrayal"
Kivitz Collection Fall/Winter 2015 "Gracious Portrayal"
Kivitz Collection Fall/Winter 2015 "Gracious Portrayal"

Sedangkan pada Miss Marina (feat. Maja Indonesia) Collection Fall/Winter 2015 mengangkat tema "Midnight Garden", terdapat 20 koleksi hadir dalam nuansa warna bold yaitu merah maroon & hijau emerald dikombinasikan dengan warna cream sebagai sentuhan pastel. Koleksi-koleksi dari Miss Marina ini juga terdiri dari abaya, long outer, serta hijab yang menutup dada. Pada beberapa koleksi terdapat abaya atau rok dengan potongan lurus yang membuat lebar langkah kaki agak terbatas, sehingga mungkin kurang sesuai bagi saya yang biasa berjalan dengan langkah yang lebih lebar.

Koleksi favorit saya dari koleksi ini adalah lagi-lagi outfit dengan long outer yang mix & match dengan abaya. Salah satu tips yang cukup ampuh jika bosan dengan tampilan abaya/dress berwarna polos adalah dengan menambahkan outer berwarna kontras.
4 outfit favorit saya dari koleksi Miss Marina feat. Maja Indonesia "Midnight Garden"
Miss Marina feat. Maja Indonesia Collection Fall/Winter 2015 "Midnight Garden"
Miss Marina feat. Maja Indonesia Collection Fall/Winter 2015 "Midnight Garden"
Miss Marina feat. Maja Indonesia Collection Fall/Winter 2015 "Midnight Garden"


Dengan berakhirnya Preview Collection Fall/Winter 2015 dari Kivitz & Miss Marina, berakhir pula rangkaian #SyariLifestylexHijup event. Selamat yaa kak Fitri & mbak Dian untuk gerakan Syar'i Lifestyle, semoga semakin menginspirasi banyak orang untuk bersama-sama belajar hidup sesuai syari'ah. Selamat juga untuk koleksi Fall/Winter 2015 dari Kivitz & Miss Marina, jadi pengen punya salah satunya deh hehe..

Oiya, sering banget kan saya cerita kalau lagi ada event seperti ini saya semangat sekali karena juga jadi ajang silaturahim sama banyak orang yang udah lama ga ketemu. Seperti pada acara ini, akhirnya bisa ketemu lagi sama mbak Nia & mbak Afida yang selalu rame deh kalau ketemu. Ketemu juga sama mommy Ernie (@babyhijaber) yang udah lama banget ga ketemu langsung & ketemu sama uni Ria Miranda yang sebentar lagi udah due date lahiran. Ditambah silaturahim lagi sama temen-temen dari Indonesian Hijab Blogger (IHB). Alhamdulillah, semoga lain waktu kita semua bisa silaturahim lagi yaa kakak-kakak :)
bersama mbak Nia Novijanto, mbak Afida Sukma, uni Ria Miranda, & mommy Ernie
bersama para blogger IHB
makasih banyak kak Fitri buat undangan acaranya, keep silaturahim :)

Sekian report seputar #SyariLifestylexHijup event yang saya hadiri minggu lalu, semoga bermanfaat yaa.. See you on the next blog post!


Salaam,
IndahRP

You Might Also Like

6 comments

  1. aq pengen banged ikut waktu itu
    tp katanya cuma yang dapet invitation ya
    ada challenge nya juga di IG tapi aku telat
    hikss .. T_T
    bagus banged acaranaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kemarin acaranya khusus dengan invitation. semoga lain kesempatan bisa ikutan ya..

      Delete
  2. Issh Indah udah duluan aja, mana lengkap banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha sebelum lupa, jadi diniatin cepet cepet posting

      Delete
  3. Wahhh komplit banget acaranya, kirain acara fashion show aja. Smoga lain kali bisa ikut (diundang) hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga kok, justru acara launching Syar'i Lifestyle nya yang utama hehe.. semoga lain waktu bisa ikutan yaa

      Delete