Mudahnya Berbelanja di BukaLapak.com

8:00 AM


Assalamualaikum!

Alhamdulillah, Ramadhan ini saya bisa bersama keluarga di rumah. Kalau sedang bosan di rumah terus, biasanya saya blogging atau sekedar browsing. Beberapa hari yang lalu sempat browsing beberapa web online shop, untuk mencari pengganti tas yang rusak. Akhirnya saya mampir ke Bukalapak.com

Saya sudah sering mendengar dari beberapa teman maupun media, kalau situs ini termasuk situs jual beli online yang mudah & terpercaya, karena itu saya juga penasaran ingin mencobanya. Saya langsung mencari tas pada kategori Fashion untuk mencari tas dengan model sling bag dalam ukuran medium. Wah, ternyata banyak sekali katalog barang yang tersedia.


Setelah mendapatkan beberapa pilihan sling bag yang sesuai, saya jadi ingat kalau beberapa waktu lalu adik saya mengatakan bahwa jam tangan miliknya sedang bermasalah. Hmm, saya pikir sekaligus saja saya juga membelikannya sebuah jam tangan. Walaupun harganya tidak seberapa, tapi semoga nantinya bisa bermanfaat bagi adik saya.

Akhirnya saya mendapatkan sling bag yang cocok sesuai keinginan & juga jam tangan untuk adik saya. Kemudian saya langsung membuat pesanan barang melalui sistem pembayaran yang terpusat. Jadi walaupun memesan barang dari pelapak yang berbeda, cukup membayar ke satu nomor rekening yaitu melalui nomor rekening Bukalapak. Walaupun pada saat pembayaran, untuk penulisan keterangan pengiriman & transaksi pembelian harus dilakukan satu per satu jika membeli pada pelapak yang berbeda.


Selesai mengisi form keterangan pengiriman & menentukan metode pembayaran, saya mendapatkan konfirmasi pemesanan melalui email yang berisi jumlah biaya transaksi yang perlu dibayarkan. Ada sms juga sebagai pengingat untuk mengecek email tersebut, jadi jangan khawatir bila tiba-tiba terlupa mencatat atau capture jumlah biaya yang harus ditransfer.

Setelah melakukan pembayaran (saya membayar melalui transfer), maka akan ada lagi email konfirmasi bahwa pembayaran telah diterima. Selanjutnya tinggal menunggu pelapak untuk mengirimkan barang pesanan dalam 4 x 24 jam. Jika dalam waktu tersebut barang belum juga dikirimkan, maka uang yang telah dibayarkan sebelumnya akan dikembalikan.


Alhamdulillah, barang yang saya pesan sampai di rumah dalam waktu 2-3 hari & barangnya sesuai dengan foto yang ditampilkan. Tidak lupa setelah barang tiba, saya melakukan konfirmasi penerimaan barang & memberikan feedback yang sesuai. Feedback ini dapat membantu pembeli lainnya bila ingin berbelanja di pelapak yang sama.

Ternyata selama bulan Ramadhan ini ada promo dari Bukalapak, yaitu promo Ramadhan Murah & Hemat "Rahmat". Bagi yang mencari bahan makanan, kebutuhan pokok, hingga kue-kue untuk persiapan Idul Fitri yang lebih murah & lebih hemat, bisa mencarinya di promo Ramadhan Murah & Hemat "Rahmat" ini.


Tips Berbelanja di Bukalapak.com a la IndahRP
1. Gunakan fitur "pencarian barang" untuk memudahkan pembelian
Banyak sekali katalog produk dari berbagai kategori yang ada di situs ini. Untuk mempersingkat waktu, mulailah dengan menuliskan keyword barang yang ingin dibeli pada fitur "pencarian barang". Fitur ini juga memudahkan agar dapat fokus pada barang yang benar-benar ingin dicari, karena kalau tidak biaya pembelian bisa membengkak. Jangan lupa untuk tetap bijak dalam berbelanja :)

2. Buatlah beberapa pilihan produk sebelum memutuskan pembelian
Ketika menyukai suatu barang, buatlah beberapa opsi barang serupa sebelum memutuskan pemesanan. Pilih barang yang sesuai dengan keinginan mulai dari model, bentuk, ukuran, warna, & tentunya dengan biaya yang terjangkau. Ini membantu untuk agar tidak menyesal saat sudah melakukan pembelian, misalnya sudah membeli barang A ternyata ada barang B yang lebih baik.

3. Pilih pelapak yang aktif, selalu menerima pesanan sebelumnya, & banyak feedback positif
Pilihlah barang yang dijual oleh pelapak yang aktif saat memesan barang, ini bisa dilihat dari kapan terakhir pelapak tersebut login. Selain itu, pilih juga pelapak yang selalu menerima pesanan sebelumnya & banyak feedback positif. Dengan memilih kriteria pelapak seperti ini, tentu mambantu agar mudah bertransaksi dengan pelapak yang terpercaya.

4. Pilih lokasi pelapak yang dekat dengan alamat pengiriman untuk menghemat ongkos kirim
Jika ada beberapa barang dengan jenis & harga yang serupa, pilihlah lokasi pelapak yang terdekat dengan alamat pengiriman. Hal ini dapat menghemat ongkos kirim (beberapa barang ada yang bebas ongkos kirim), sehingga total biaya pembelian juga tidak terlalu bertambah.

* * * * * * * * * *

Semoga pengalaman & tips berbelanja saya di Bukalapak bisa membantu dalam berbelanja online ya.. Info lebih lanjut, bisa juga diakses melalui link berikut:
Website - www.bukalapak.com
Twitter - @bukalapak
FB - Bukalapak
Instagram - bukalapak

See you on the next blog post!

Salaam,
IndahRP

You Might Also Like

4 comments

  1. waa... sling bagnya kece Ndah. kece ya bukalapak itu pake sms sgala. jd qta ga perlu ribet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, di Bukalapak ada reminder lewat sms juga biar ga lupa cek email untuk detail-nya buyuuu..

      Delete
  2. info yang menarik ๐Ÿ‘Œkalau pembayarannya apakah seperti di tokopedia( pakai rekening bersama) ?๐Ÿ˜€

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di tulisannya sudah aku tulis loh bagaimana jenis rekening pembayarannya :)

      Delete