Zaura Workshop Batch 7 Jogja

12:52 AM

Zaura Workshop goes to Jogja!
Assalamualaikum!

Setelah mengumpulkan semangat buat blogging lagi, akhirnya kali ini saya mau sharing pengalaman ketika mengikuti Zaura Workshop tanggal 16 Mei 2015 lalu bertempat di Citradream Hotel Yogyakarta. Yup, Zaura Workshop goes to Jogja! It's Zaura Workshop batch 7 - Jogja.

Sebentar... Indah ikutan Zaura Workshop? Itu kan acaranya Zaura Models, memang Indah model?
You're definitely right! That's Zaura Models event & I'm not a model.
But.. Who's said if you are not a model, so you couldn't get in?

Memang sih di Zaura Workshop batch sebelumnya kebanyakan peserta memiliki tinggi badan & berat badan yang proporsional, atau minimal berat badan yang ideal walau tidak terlalu tinggi dalam syarat seorang model. Makanya aku mah apa atuh, cuma butiran debu.. Tapi berhubung saya orangnya cuek alias percaya dirinya kelebihan, jadi walau sudah tahu kondisi yang dihadapi seperti apa tetap saja diikuti. Saya pun tetap nekat daftar, walau dengan keyakinan penuh kalau saya pasti adalah peserta workshop yang paling besar sendiri :)

Oke, cukup untuk curhatannya. Kembali kepada pengalaman saya mengikuti Zaura Workshop batch 7 Jogja. Workshop ini diikuti lebih dari 35 peserta (menjadi jumlah peserta terbanyak Zaura Workshop dalam 1 hari loh), mulai dari usia 15 tahun ke atas. Dimulai dari pukul 09:00 pagi yang terbagi ke dalam beberapa sesi, dengan founder Zaura Models (minus kak Dian Ayu yang saat itu menjalankan ibadah umrah) & mba Afida Sukma sebagai pemateri.

Kak Ashfi & Kak Firda memberikan materi "Basic Muslima Modelling & Personality Development"
(Sumber: Facebook fanpage Zaura Models)

Setelah registrasi, sesi pertama diisi oleh kak Ashfi Qamara (Ashfi) & kak Firda Khalisa (Firda) dengan materi "Basic Muslima Modelling & Personality Development". Awal dari sesi ini dijelaskan secara singkat bagaimana perkembangan fashion muslimah dari masa ke masa, serta bagaimana model muslimah dapat mengambil peran & bagian dalam industri fashion muslimah. Selain itu keduanya juga memberikan gambaran kurang lebih seperti apa dunia modelling secara umum, yang tentunya akan berbeda bagi model muslimah.

Dulu sebelum model muslimah (dalam hal ini model berhijab) mulai terdengar keberadaannya, fashion show atau pemotretan untuk fashion muslimah dibawakan oleh model-model yang tidak berhijab. Tetapi saat ini seiring dengan fashion muslimah yang semakin berkembang baik di Indonesia maupun internasional, banyak designer yang lebih memilih model yang memang dalam kesehariannya sudah berhijab, karena dirasa akan lebih "hidup" ketika hasil rancangannya dipakai oleh muslimah yang dapat mewakili wanita muslim lainnya. Sehingga kesempatan bagi para model muslimah pun semakin terbuka.

Selain itu dalam sesi ini kak Ashfi & kak Firda menyampaikan bahwa penting bagi model muslimah mengetahui kepribadiannya, terlebih sebagai seorang muslimah tentu mengetahui batasan-batasan bagi dirinya. Ketika seseorang menjadi model muslimah, tidak perlu ragu untuk menjelaskan sejak awal kepada klien atau model agency mengenai persyaratan tertentu bagi model tersebut untuk menerima suatu kontrak kerja. Hal ini akan jauh lebih baik & untuk menghindari hal-hal yang tidak berkenan di kemudian hari.

Mba Afida & Kak Lulu memberikan materi "Fashion Photo & Pose"
Mba Afida memberikan instuksi sekaligus menjadi fotografer dalam "Fashion Photo & Pose Class"

Sesi selanjutnya adalah "Fashion Photo & Pose Class" oleh fotografer muslimah yang sudah tidak diragukan lagi, yaitu mba Afida Sukma (Afida) bersama dengan kak Lulu Elhasbu (Lulu). Honestly, this is the most session that I'm waiting for! Penting banget buat "modal" foto di instagram & blog, untuk menghasilkan foto outfit yang bukan menjadi foto #ootd biasa. Apalagi bagi saya yang masih super pemalu kalau jadi objek di depan kamera & difoto di tempat umum, bisa seketika kepercayaan diri saya turun & hasil foto menjadi biasa aja.

Hal penting yang saya dapatkan dari sesi ini adalah: kenali dirimu, ketahui potensi yang kamu miliki, & tumbuhkan rasa percaya diri. Maka kamu akan mendapatkan hasil foto yang bagus di depan kamera! Setiap orang bisa terlihat fotogenik selama dia nyaman dengan dirinya sendiri, mengetahui kelebihan & kekurangannya, serta memiliki kepercayaan diri yang sesuai.

Oh iya, saya juga memotret beberapa peserta workshop saat maju satu per satu dengan kamera saya sendiri dari tempat saya duduk menunggu giliran. Lumayan untuk latihan fotografi, sekaligus akhirnya jadi ada bahan foto yang bisa saya share di postingan ini.

hasil foto yang saya potret dari kursi peserta (not bad lah yaa hasilnya)

Saya akui, banyak sekali peserta lainnya yang sudah sangat mahir berpose di depan kamera & menghasilkan foto yang bagus. Lagi-lagi kalau dibandingkan dengan saya, tentu saya masih jauh di belakang. Namanya juga belajar dari pengalaman kan? Walaupun di sesi ini sebenarnya saya belum mengeksplor kemampuan berpose saya lebih dalam lagi, tetapi Alhamdulillah sekarang saya semakin percaya diri ketika difoto & tidak terjebak dengan pose yang itu-itu saja.

Ketika saya maju untuk difoto oleh mba Afida & diarahkan oleh kak Lulu, jujur rasanya grogi banget. Apalagi sebenarnya saat itu saya agak salah pilih baju, jadi mood buat difoto juga sedikit menurun. Biasanya kalau saya memakai outfit yang nyaman & saya suka, mood di depan kamera bisa langsung meningkat yang tentunya akan semakin mendukung hasil fotonya (lain kali kalau ikut sesi seperti ini lagi, pastikan memakai pakaian favorit Anda). Sayang sekali, mba Afida harus meninggalkan workshop lebih awal karena keesokan harinya harus melakukan pemotretan di Korea Selatan, semoga lain waktu ada kesempatan lagi bisa difoto sama mba Afida yaa :)

cukup grogi ketika difoto oleh fotografer sekelas Mba Afida & dilihat langsung oleh Kak Lulu yang ahli di depan kamera
Hasil foto saya yang diambil oleh Mba Afida & foto candid oleh Mas Adry
(Sumber: Facebook fanpage Zaura Models)

Sesi terakhir adalah "Catwalk Class" bersama kak Lydia Septiani (Lydia) & kak Witha Fitra (Witha), pada sesi ini para peserta diajarkan dasar cara berpose & berjalan bagi model peragaan busana. Jika cara berpose & berjalan model pada umumnya adalah menunjukkan lekuk tubuh & berlenggak-lenggok, namun lain halnya bagi model muslimah.

Kak Lydia, Kak Witha, & para founder Zaura Models lainnya mengajarkan sebagai model muslimah tetap bisa menjadi model peragaan busana yang representatif tanpa perlu berlenggak-lenggok. Salah satu hal yang dihindari saat berpose atau berjalan bagi model muslimah adalah bertumpu tangan pada pinggang, karena akan memperlihatkan lekuk tubuh lebih jelas. Selain itu cara berjalan harus pada 1 garis lurus, namun bukan dengan cara berjalan yang berlenggak-lenggok.

Lalu bagaimana dengan cara berjalan saya? Sayang, tidak ada foto yang bisa saya dapatkan dari Facebook fanpage Zaura Models saat saya sedang berlatih catwalk, sehingga tidak bisa saya share disini. Walaupun begitu, semoga cara berjalan saya kemarin tidak terlalu buruk bagi seseorang yang hanya pernah fashion show untuk lomba saat sekolah dasar :)

Catwalk Class bersama para founder Zaura Models (Kak Lydia - Kak Lulu - Kak Ashfi - Kak Witha - Kak Firda)
(Sumber: Facebook fanpage Zaura Models)
We are ready for Catwalk Class!
(Sumber: Facebook fanpage Zaura Models)

Setelah berlatih catwalk selama kurang lebih 2 jam, acara ditutup dengan sharing santai bersama para founder Zaura Models. Para peserta juga menyampaikan kesan-kesannya selama mengikuti workshop. Bagi saya sendiri, pengalaman mengikuti Zaura Workshop ini sangat berpengaruh dalam meningkatkan kepercayaan diri. Beberapa materi juga bermanfaat untuk para blogger, terutama bagi mereka yang cukup sering memposting tentang fashion.

Hal lainnya yang menyenangkan dari kegiatan seperti ini adalah menjadi ajang silaturahim dengan sesama muslimah. Kembali menjalin silaturahim dengan orang-orang yang sudah lama tidak bertemu, sekaligus berkenalan dengan teman baru yang berarti menjalin silaturahim lebih luas lagi.

sharing dari para founder Zaura Models sebelum workshop berakhir

kesan & pesan para peserta untuk Zaura Workshop
(Sumber: Facebook fanpage Zaura Models)

seneng banget bisa silaturahim sama Mba Afida, Kak Firda, & Kak Lulu

And it was really over. Berakhir sudah Zaura Workshop batch 7 - Jogja, diakhiri dengan foto bersama seluruh peserta dengan para founder Zaura Models & tim Zaura Workshop. Terima kasih kakak-kakak Zaura Models sudah memilih Yogyakarta sebagai salah satu kota untuk diadakan workshop yang sangat bermanfaat ini. Semua keraguan & rasa tidak percaya diri yang awalnya saya bawa ketika datang, akhirnya berganti dengan kebahagiaan serta rasa percaya diri ketika saya mengikuti workshop ini hingga selesai. Thanks a lot!

yeay, dapet goodie bag dari Elzatta & Wardah!
(Sumber: Facebook fanpage Zaura Models)

we-fie dulu sebelum pulang~
(Sumber: Facebook fanpage Zaura Models)

Untuk kalian yang penasaran & mau ikut merasakan keseruan Zaura Workshop ini, jangan ragu untuk mendaftarkan diri saat diadakan Zaura Workshop di kota berikutnya. Cek akun instagram @zauramodels untuk info lebih lanjut. Dapatkan pengalaman menyenangkan dalam dunia modelling muslimah melalui Zaura Workshop! :)

Salaam,
IndahRP

You Might Also Like

4 comments

  1. Wah di foto yang kakak fotoin peserta-peserta itu yang paling kiri ada @ardiatami.. ya gak sih?
    Dia outfitnya bagus baguus :')

    Makasih ya kak udah sharing ilmunya xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa bener kok itu dia.. aku emang sengaja ke event ini bareng Lia.
      Sama-sama, semoga sharingnya bermanfaat & makasih udah mampir baca yaa :)

      Delete
  2. Sejak Indah posting di intsgram tentang workshop ini jadi pengen ikutan. Tadinya kupikir cuma bermanfaat buat yang modelling aja. Thank you for sharing, Indah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaupun memang lebih banyak untuk modelling, tapi juga bermanfaat buat self improvement kok, menambah pengalaman & skills di bidang lain juga deh :)

      Delete