Try to wear: Trench Coat

2:24 PM


Assalamualaikum!

How's life, people? Alhamdulillah ujian kompetensi pendidikan profesi saya sudah selesai, tinggal menunggu pengumuman kelulusan ujian tersebut akhir bulan Juni ini. Selesai ujian, akhirnya bisa punya waktu lagi untuk blogging karena punya waktu luang lebih banyak. Yeay! :)

Awal bulan Mei kemarin, saya sempat refreshing sejenak diantara pusingnya menghadapi persiapan ujian. Saya mengajak Lia, salah satu hijab blogger Jogja iseng-iseng hunting foto outfit untuk postingan di blog. Sempat bingung mau pakai fashion item apa yang tidak hanya share foto outfit, tapi juga bisa dibuat tulisan di blog. Akhirnya saya memilih 1 fashion item sebagai tema utama, yaitu Trench Coat.

* * * * * * * * * *

Sebelumnya, mari kita cari tahu dulu apa itu Trench Coat. Dan inilah efinisi singkat yang saya dapatkan dari wikipedia:
Trench coat is a raincoat made of waterproof heavy-duty cotton gabardine drill, or leather, or poplin. It generally has a removable insulated lining, raglan sleeves, and the classic versions come in various lengths ranging from just above the ankles (the longest) to above the knee (the shortest). It was originally an item of clothing for Army officers ...

Jadi, Trench Coat adalah salah satu model jaket yang dibuat anti-air yang biasanya terbuat dari bahan parasut, kulit, katun tebal, hingga kanvas. Pada awalnya trench coat ini hanya dipakai orang-orang dalam dunia militer untuk melindungi dari cuaca dingin ketika bertugas, namun seiring berjalannya waktu akhirnya Trench Coat menjadi suatu fashion item tersendiri.


Di Indonesia mungkin belum banyak yang memakai Trench Coat, tidak seperti dengan beberapa negara lainnya terutama yang memiliki 4 musim dimana Trench Coat biasanya dipakai saat musim gugur & musim dingin untuk menghangatkan badan. Namun sebenarnya di Indonesia pun juga bisa memakai Trench Coat di beberapa kesempatan, misalnya saat musim hujan dimana suhu di luar ruangan terkadang lebih dingin. Atau saat melakukan aktivitas di daerah pegunungan atau saat di dalam ruangan dengan pendingin ruangan yang cukup dingin.

Nah, pemakaian Trench Coat ini sendiri biasanya digunakan sebagai outer. Sehingga ketika suhu udara tidak begitu dingin, Trench Coat bisa dilepas & tetap memakai outfit lainnya sebagai inner (seperti kemeja maupun atasan berbahan kaos dengan celana atau rok, atau bahkan dress). Inspirasi mix & match Trench Coat bisa dengan mudah dilihat dari berbagai majalah fashion, blog atau artikel online, hingga televisi.

Saya sendiri memakai Trench Coat berwarna khaki dari Encyclo by Shafira dengan kemeja sebagai inner & celana berbahan kaos tebal berwarna senada sebagai bawahan. Kebetulan juga saat foto ini diambil baru saja selesai hujan, jadi cocok dengan suhu udara luar ruangan yang cukup sejuk. Untuk jilbab, sebenarnya saya tetap dengan style hijab yang menutup dada. Namun karena Trench Coat yang saya pakai berfungsi sebagai outer agar lebih hangat, sehingga saya jilbab yang saya gunakan berada di balik coat tersebut. Ini juga menjadi kali pertama bagi saya untuk memakai Trench Coat sebagai salah satu fashion item dalam outfit saya. Semoga tidak terlalu buruk ya? :)

Sekian sedikit sharing saya yang mencoba Trench Coat sebagai salah satu fashion item yang jarang saya pakai. Semoga bisa menjadi inspirasi untuk yang ingin mencoba hal yang sama. Sampai jumpa pada postingan saya selanjutnya ya!

Salaam,
IndahRP

Scarf: Kaffah - Trench Coat: Encyclo by Shafira - Pants: unbranded
Socks: Soka - Shoes: House of Donatello


You Might Also Like

1 comments

  1. ciee udah selo nih kak indah, ayuk ihb meetup lagi :D btw foto di mana ini, pakualaman kah?

    ReplyDelete