Life Update: Get Ready for Exam!

10:43 PM


Assalamualaikum!

Beberapa bulan terakhir lagi semangat blogging & posting tiap minggu, makanya jadi sedih juga sih minggu lalu sempat skip ga ada postingan baru. Padahal punya draft blog post banyak banget, tapi apa daya sepertinya beberapa waktu ke depan waktu buat blogging akan sedikit tersita. Kenapa? Here's my life update: get ready for exam. Yes, exam! *panic mode: on*

Mungkin beberapa di antara kalian ada yang belum tau apa profesi saya, sebelumnya saya pernah menulis tentang profesi saya disini. Saya adalah seorang dokter muda atau ada juga yang menyebutnya dengan ko-asisten (ko-as). Nah, walaupun namanya "dokter muda" tapi saya belum benar-benar resmi menyandang gelar dokter (dr.) di depan nama saya. Menjadi dokter muda merupakan salah satu rangkaian pendidikan untuk menjadi seorang dokter, setelah menempuh pendidikan di jenjang S1. Jadi selama 2 tahun terakhir ini saya masih dalam pendidikan profesi dokter.

foto kelompok saat tahun pertama ko-as
foto setelah selesai ko-as will post it later
Dulunya, setelah pendidikan S1 maupun pendidikan profesi selesai maka para calon dokter dapat langsung menjalani pelantikan atau sumpah dokter. Namun dengan semakin banyak lulusan fakultas kedokteran saat ini & ditambah dengan bertambahnya fakultas-fakultas kedokteran baru, sehingga perlu dilakukan standarisasi bagi para lulusan fakultas kedokteran agar dokter yang dihasilkan menjadi dokter yang siap & kompeten. Kan bahaya juga kalau sampai ada dokter yang ga sesuai standar kompetensi yang seharusnya..

Maka dari itu beberapa tahun terakhir ini dibuat kebijakan pelaksanaan Ujian Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI), yang tahun 2015 namanya menjadi Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD). Apa itu UKMPPD? Info singkatnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

Picture source here
So, wish me luck for the exam! Mohon do'anya yaa semuanya.. Semoga saya bisa lulus UKMPPD dengan lancar & bisa melanjutkan amanah selanjutnya dengan resmi menjadi seorang dokter, aamiin..

Salaam,
IndahRP

You Might Also Like

12 comments

  1. Semangaaaaat!!! Beda banget foto kelompoknya sama anak FKG, klo FKG dlm satu kelompok paling cm ada 1-3 cowok.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi kan Fakultas Kebanyakan Gadis mba nita.. jadinya kalo di FKG cowoknya dikit hehe :)

      Delete
  2. woooww... indah pada waktunya memang semua ya...
    semangaaaat indahhh
    good luckk
    ^,*

    ReplyDelete
  3. Good luck! Salam kenal ya kak Indah^^

    ReplyDelete
  4. Semangat Indaaahhh!!! Priority first, yaaa ;D
    Semoga lancar ujiannya, aamiin! Ujiannya tuh yang pas praktek ada orang akting pura2 sakit itu bukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih kak Tiaaa.. doain yaaa
      iya, nanti ujian prakteknya ada pasien simulasinya gitu (yg acting kayak pasien beneran)

      Delete
  5. Semangat Indaaahh!! Aku bisa, kamu juga pasti bisa. Jaga kesehatan yg penting. Jangan sampai pas hari ujian kamunya sakit ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiiin makasih kak Diniii.. semoga aku bisa segera nyusul jadi TS yaa aamiin..

      Delete
  6. Good luck Indah, yang rajin belajarnya biar puas sama hasilnya, hihi.. Semangat :D

    ReplyDelete