Jippa Abaya: Zipper in Abaya!

5:37 PM


Assalamualaikum, good people!

Bagi perempuan muslimah, tentu kata "Abaya" sudah tidak asing lagi. Mungkin beberapa di antara kita sudah memiliki banyak koleksi Abaya di antara berbagai jenis outfit yang ada. Apa sih sebenarnya Abaya itu? Ini sedikit definisi tentang Abaya yang saya kutip dari wikipedia:

Abaya (Arabic: عباية‎ ʿabāyah ) --- is a simple, loose over-garment, essentially a robe-like dress, worn by some women in parts of the Muslim world including in North Africa and the Arabian Peninsula. The abaya covers the whole body except the face, feet, and hands.
Pemahaman yang banyak orang ketahui tentang Abaya pun tidak jauh dari definisi di atas, yakni pakaian berupa dress atau gaun panjang dengan potongan simple serta longgar yang biasanya dipakai oleh perempuan di wilayah Arab & sekitarnya. Selain potongan dress yang simple & longgar, ciri khas Abaya juga adalah pakaian ini menutup seluruh bagian tubuh selain wajah, telapak tangan, maupun telapak kaki (walaupun beberapa model Abaya ada juga yang panjangnya hingga menutup telapak kaki). Karena itulah, Abaya ini identik dengan pakaian muslimah yang sesuai dengan kaidah (aturan) Islam.


Abaya juga identik dengan warna serba hitam yang membuatnya semakin terlihat simple. Namun saat ini terdapat beragam model Abaya yang tidak hanya berwarna hitam polos, melainkan juga ada Abaya dengan warna-warna lainnya atau tetap berwarna hitam dengan sedikit tambahan aksen sebagai pemanis. Walaupun ada Abaya yang berwarna selain hitam atau ada tambahan aksen, namun tetap pada potongan pakaian yang simple & longgar.

Seperti pada Jippa Abaya by Ummu Balqis yang saya pakai ini, dilihat sekilas memang beda dari Abaya pada umumnya bukan? Apa yang membuat Jippa Abaya ini berbeda? yang tentunya juga membuat saya jatuh hati untuk memakainya. So, keep read this post! :)


Alhamdulillah, saya berkesempatan untuk bisa menjalani silaturahim baik dengan mommy Ernie yang awalnya hanya bisa kenal melalui akun instagram @babyhijaber saja. Saat mommy Ernie memiliki clothing line Ummu Balqis, saya juga tertarik dengan konsep syar'i & etnik yang menjadi ciri khas pada setiap designnya. Dan kali ini saya berkesempatan juga untuk memiliki salah satu koleksi terbaru dari Ummu Balqis, yaitu Jippa Abaya.

Jippa Abaya ("Jippa" dalam bahasa Jepang berarti "zipper"), dari namanya saja sudah pasti tah apa poin pertama yang membedakannya dengan model Abaya lainnya. Yup, it's zipper in Abaya! Terdapat zipper (ritsleting) di sepanjang bagian depan Abaya serta sedikit di bagian bawah lengan, yang tidak hanya sebagai aksen dalam Abaya ini namun juga bisa dibuka untuk memudahkan saat memakainya & zipper di bagian depan juga busui (ibu menyusui) friendly.


Selain di bagian zipper, yang membuat Jippa Abaya ini juga istimewa adalah dipadukan dengan kain batik geometris pada bagian lengan atas & bawah, kantung di bagian pinggang, serta di bagian depan Abaya. Dengan adanya paduan batik ini juga membuat Jippa Abaya tidak hanya bisa dipakai sebagai pakaian casual, namun juga semi-formal apalagi jika ditambah sedikit asesoris seperti belt yang saya pakai ini.

Material high quality twistcone/ arabic jetblack silk membuat Jippa Abaya tetap adem saat dipakai, sesuai untuk cuaca di Indonesia yang cenderung panas. Cutting nya pun juga pas & membuat efek slimming namun tetap longgar serta leluasa saat bergerak, yang terpenting adalah simple & tidak perlu kerepotan saat memakainya.


Selain warna hitam yang saya pakai ini, Jippa Abaya juga tersedia dalam beberapa warna seperti baby blue, maroon, soft brown, & turmeric yellow. Dengan pilihan warna lainnya yang lebih terang, warna hitam tetap menjadi salah satu favorit saya, tapi saya juga tertarik untuk memiliki warna lainnya. Naksir banget dengan Jippa Abaya in soft brown!

Sedikit tips saat memakai Abaya: just keep it simple! Jangan terlalu banyak memakai asesoris agar tidak mengurangi esensi simple & loose dari Abaya itu sendiri. Sedikit memakai asesoris misalnya belt seperti yang saya pakai ini sudah cukup. Pemilihan warna & model jilbab juga menyesuaikan, saya tetap memilih model jilbab yang simple namun dengan warna yang lebih terang agar terlihat lebih cheerful & segar :)


Semoga postingan ini bisa memberikan inspirasi untuk kamu yang penasaran mau coba pakai Abaya tapi masih ragu ini-itu, percaya deh pakai Abaya bikin ketagihan. Apalagi buat yang ga suka ribet mix & match baju seperti saya, dengan pakai Abaya cukup pakai 1 item pakaian & pilih jilbab maupun asesoris yang sesuai saja.

Keep simple, keep inspiring!

Salaam,
IndahRP


Scarf: Thamrin City
Abaya: Jippa Abaya by Ummu Balqis
Belt: Strawberry
Shoes: House of Donatello
Location: Kotagede, Yogyakarta

You Might Also Like

8 comments

  1. cantik abayanya apalagi ada ethnicnya

    ReplyDelete
  2. Abaya-nya lucu, aksennya bikin seperti pendekar.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pendekar berkerudung segitiga ya jadinya :D

      Delete
  3. buat yg pendek gemuk cocok nggak ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga ga tinggi & badannya gemuk juga kok mba.. Alhamdulillah masih cocok-cocok aja :)

      Delete
  4. Suka designnya, tegas gitu ya kesannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. aku juga sukaaa bisa buat kemana aja dipakainya :)

      Delete