Berjilbab & Olahraga

9:55 PM


karena sesungguhnya olahraga itu penting, bukan keperluan tapi kebutuhan...

Tapi sayangnya saya masih jarang banget olahraga, atau lebih tepatnya belum berolahraga mengikuti definisi olahraga yang sebenarnya. *malu sendiri* Bicara soal definisi kata "olahraga", jangan disamakan dengan "aktivitas fisik" yaa, keduanya secara terminologi berbeda makna. Saya share sedikit yaa definisi keduanya dari WHO.

Olahraga atau dalam bahasa inggris sering menggunakan kata "exercise" adalah bagian dari aktivitas fisik yang terencana, terstruktur, berulang, & memiliki tujuan untuk perbaikan atau pemeliharaan kebugaran fisik. Sedangkan aktivitas fisik atau dalam bahasa inggris disebut dengan "physical activity" adalah kegiatan fisik yang melibatkan gerakan tubuh, dapat dilakukan sebagai bagian dari bermain, bekerja, gerak aktif sehari-hari, pekerjaan rumah tangga, hingga kegiatan rekreasi.

Gimana? Sudah cukup jelas belum perbedaan keduanya? Jadi olahraga itu bukan sekedar aktivitas fisik yang membuat berkeringat saja, dengan kata lain tidak sembarang aktivitas fisik bisa dikatakan sebagai olahraga. Jenis aktivitas fisik & olahraga yang direkomendasikan pun juga berbeda-beda untuk setiap jenjang usia. Selengkapnya bisa dilihat di sini (usia 5-17 tahun), di sini (usia 18-64 tahun), atau di sini (usia >65 tahun).

Nah, sekarang bicara soal olahraga khususnya saat di ruang terbuka atau di tempat umum. Bagaimana sih biasanya kita melihat pakaian orang-orang yang berolahraga di ruang terbuka atau tempat umum? Misalnya saat car free day deh.. Untuk perempuan yang tidak berjilbab secara umum kurang lebih memakai celana olahraga (dari yang pendek sampai panjang) dengan t-shirt lengan pendek, pokoknya terlihat simpel.

Terus kalau buat yang berjilbab gimana dong? Pengen tetep simpel & ga mau ribet sama jilbabnya, tapi tetap mau sopan berpakaian. Ada sedikit tips dari saya (yang masih jarang olahraga ini) seputar berpakaian olahraga untuk muslimah yang berjilbab, semoga bermanfaat :)



Celana Olahraga --- A must item for exercise! Memang paling nyaman pakai celana olahraga daripada asal pakai celana bebas untuk berolahraga. Jenis celana olahraga pun bermacam-macam tergantung jenis olahraganya juga. Untuk jenis olahraga yang umum (bukan olahraga dengan pakaian khusus seperti renang, yoga, senam, dll) bisa memakai celana olahraga berbahan semi-parasut atau bahan jersey yang ringan & cenderung tidak mudah menyerap keringat sehingga tetap kering. Celana olahraga berbahan kaos sebenarnya juga tidak masalah, keuntungannya adalah bahan kaos nyaman & ringan dipakai namun mudah menyerap keringat sehingga kalau saat berolahraga bisa langsung terlihat seberapa banyak "mandi keringat".

Untuk muslimah, tentunya memakai celana olahraga yang panjang yaa.. Big no no pakai celana olahraga pendek terus pake legging (legging itu hanya dipakai sebagai dalaman yaa..) Beberapa muslimah yang memang sudah istiqomah memakai rok, biasanya ketika berolahraga juga tetap memakai rok. Bagi yang memakai rok untuk berolahraga, bisa memakai rok panjang dengan bahan kaos atau katun namun tetap di dalamnya memakai celana olahraga atau legging. Pilihlah rok yang lebar untuk memudahkan gerakan kaki & kalau bisa jangan terlalu panjang biar tidak terinjak-indak saat olahraga hingga menyebabkan cidera.

Sepatu Olahraga --- Namanya juga olahraga, sepatu yang dipakai sepatu olahraga dong yaa.. Memakai sepatu yang tepat saat berolahraga itu penting agar selama berolahraga tetap terasa nyaman, selain itu juga berfungsi meminimalisir terjadinya cidera olahraga akibat sepatu yang tidak nyaman atau tidak sesuai. Jenis sepatu olahraga sebenarnya juga beragam tergantung jenis olahraganya, tapi kembali lagi untuk jenis olahraga umum setidaknya kita memiliki jenis sepatu sneakers atau sepatu kets.


T-shirt / Sweater / T-shirt + Cardigan/Training Jacket --- Nah, sekarang untuk atasan pilihannya lebih variatif lagi. Kebanyakan orang biasanya memilih t-shirt berbahan kaos sebagai atasan, alasannya karena mudah menyerap keringat. Bahan lainnya yang bisa dipakai sama halnya seperti pada celana, yaitu bahan semi-parasut atau dengan bahan jersey. Pilihan atasan selain t-shirt adalah sweater atau t-shirt + cardigan/training jacket, keduanya bisa dipakai saat berolahraga di daerah yang cukup sejuk. Seperti contoh pada beberapa foto saya dalam postingan ini. 

Jilbab --- Item terakhir yang perlu menjadi perhatian bagi para muslimah untuk pakaian olahraga adalah jilbab. Pemilihan bahan jilbab yang tepat sangat penting, karena saat berolahraga tentunya akan jauh lebih berkeringat dibandingkan aktifitas sehari-hari. Karena itu pilih lah jilbab berbagai kaos yang menyerap keringat, atau bahan jilbab paris yang ringan namun tidak licin walau terkena keringat. Untuk model jilbab, paling praktis adalah model instan/bergo yang tidak member lujan peniti/pentul lagi. Tapi jika ingin memakai jilbab segiempat atau pashmina juga tidak apa-apa, yang penting modelnya tetap simple & tidak tumpuk sana-sini, jadi biar dilihatnya juga ga bikin "gerah".

* * * * * * * * * *

Itulah beberapa tips seputar pakaian olahraga bagi muslimah dari saya (yang sebenarnya juga masih malas olahraga hehe). Semoga bermanfaat & menjadi inspirasi bagi kita semua. Kalau ada yang mau menambahkan tips seputar pakaian olahraga, bisa juga sharing melalui comment di bawah yaa..


See you on the next post(s)!
Salaam,
IndahRP

You Might Also Like

4 comments

  1. Selamat berolahraga Ndaaah... Aduh jadi malu deh, dari jaman belum jilbaban sampe udah jilbaban maleees banget olahraga. Padahal seorang muslim wajib jaga kesehatan yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun bisa 1 bulan 1 kali olahraga aja Alhamdulillah.. membiasakan diri buat suka olahraga susahnyaaa...

      Delete
  2. huaaaahhh ,, kapan jg aku ada niatan olahraga
    terakhir olahraga kelas 3 SMA itu di tahun 2006
    kan ada matapelajarannya ahhaha
    ini lg hamil, olahraganya jalan aja males
    pennya ya jalan di Mall gpp sih
    hahahaha >,<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Olahraga rutin terakhir sih pastinya pas masih ada pelajaran olahraga jaman SMA.. hehehe.
      Ada kok beberapa pilihan olahraga buat ibu hamil, memang lebih ke olahraga low impact yang intensitasnya juga ringan.

      Delete