Indonesian Hijab Blogger KOPDAR Yogyakarta

6:38 PM

foto dari Lia

KOPDAR --- Kopi Darat, suatu istilah yang tentunya sudah tidak asing bagi para pengguna internet. Dari wikipedia disebutkan bahwa kopi darat adalah sebuah istilah yang awalnya populer di antara kalangan pengguna radio amatir, karena pengguna radio amatir berkenalan di "udara" sehingga tidak saling mengenal muka sehingga selanjutnya dilanjutkan dengan mengadakan pertemuan (temu muka). Seiring kemajuan teknologi, istilah ini akhirnya digunakan untuk pertemuan tindak-lanjut dari perkenalan melalui internet, seperti dari sosial media yang banyak bermunculan saat ini.

Hal ini juga yang menjadi pilihan acara perdana bagi Indonesian Hijab Blogger (IHB), sebagai wadah silaturahim dan berkumpulnya para hijab blogger di seluruh Indonesia untuk mengadakan acara KOPDAR bagi para hijab blogger. Setelah sukses mengadakan KOPDAR bagi para hijab blogger di Jakarta, pada 21 Desember 2014 kemarin IHB juga mengadakan acara serupa di Yogyakarta. Alhamdulillah.. acara yang diadakan pada hari Minggu sore bertempat di Surlie Bake House Cafe & Resto ini diikuti oleh 18 hijab blogger, padahal hari itu hujab cukup deras dan lama membasahi tanah Yogyakarta. Salut buat semua teman-teman hijab blogger Yogyakarta yang tetap semangat untuk silaturahim sesama hijab blogger!

beberapa hijab blogger yang datang awal, menunggu kedatangan yang lainnya
foto dari Echa 

Sudah tahu kan kalau Yogyakarta selain dikenal sebagai "kota gudeg", juga dikenal sebagai “kota pelajar”? Ya, Yogyakarta merupakan salah satu kota tujuan para pelajar untuk melanjutkan pendidikannya. Itulah mengapa para hijab blogger yang ada di Yogyakarta juga berasal dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Sumatra, Jawa, Kalimantan, hingga Sulawesi. Sungguh beragam bukan?

teman-teman hijab blogger Yogyakarta antusias mendengarkan sharing satu sama lain

KOPDAR hijab blogger Yogyakarta diadakan sebagai awal dari silaturahim antar muslimah yang memiliki ketertarikan yang sama terhadap blogging, baik itu menulis maupun fotografi yang semuanya dituangkan salam media blog. Dengan adanya KOPDAR ini diharapkan selain menambah tali silaturahim dengan teman-teman baru tapi juga menambah semangat untuk terus konsisten mengembangkan blog masing-masing, tetap semangat untuk menulis dan berbagi banyak hal melalui blog nya.


Setiap hijab blogger yang datang diberikan name tag nama panggilan masing-masing agar lebih mudah mengingat nama satu sama lain, saya pun juga menggunakannya. Selain diberikan name tag, para hijab blogger yang mengikuti KOPDAR ini juga mendapatkan goodie bag dari myhjb, voucher dari bowllingID, dan stiker lucu dari sampanmimpi. Wah.. banyak sekali "oleh-oleh" dari acara ini yaaa.. *nyesel kan yang ga ikut? hehehe*

goodie bag dari myhjb
foto dari Fisa

Ada pepatah mengatakan, "tak kenal maka tak sayang".. Nah, karena itulah di awal acara setiap hijab blogger memperkenalkan dirinya dan alamat blog masing-masing. Oiya, sebelumnya saya juga sempat menyampaikan beberapa hal mengenai IHB itu sendiri agar teman-teman hijab blogger Yogyakarta lainnya juga mengetahui IHB lebih dalam lagi. Saat sesi perkenalan, suasana yang awalnya belum mencair langsung mencair seketika dengan penuh canda tawa (apalagi waktu menyebutkan usia masing-masing, semuanya malu-malu mengakui hehe).

sesi perkenalan

Sambil menikmati camilan sore, secara bergantian para hijab blogger sharing pengalaman selama mereka memulai blogging hingga pengalaman menarik yang didapatkan melalui blognya. Kategori blog dari setiap hijab blogger pun juga berbeda-beda dari fashion, travel, personal, life style, puisi, seni, fotografi, pengetahuan umum hingga pengetahuan islami.

sesi sharing pengalaman awal mula blogging hingga sekarang

Jujur, dari sharing teman-teman hijab blogger disini benar-benar menyadarkan saya bahwa saya belum apa-apa dibanding mereka semua, banyak yang sangat menginspirasi saya untuk mengembangkan blog saya lebih baik lagi. Jadi tambah semangat untuk rajin nge-blog pokoknya (walau apa daya, kadang kesibukan membuat saya sulit untuk konsisten posting tulisan di blog).

Selain sharing-sharing seru, ada juga games yang mendapatkan hadiah menarik dari sampanmimpi bagi hijab blogger yang beruntung. Selamat untuk yang mendapat hadiah!

para pemenang games mendapatkan hadiah dari sampanmimpi

Oiya, hijab blogger Yogyakarta yang ikut KOPDAR kemarin sebenarnya beberapa wajahnya sudah tidak asing lagi bagi saya. Saya pernah stalking juga di blog atau instagram mereka. Alhamdulillah dengan adanya KOPDAR ini jadi bisa silaturahim langsung deh, tambah teman baru lagi.

 foto dari Isma dan Anisah

foto dari Lia


Tidak terasa sudah mau menjelang waktu maghrib, acara KOPDAR pun kami akhiri dengan foto bersama dan saling bertukar kontak tentunya untuk silaturahim di kemudian hari, insyaAllah.. Semoga acara KOPDAR kemarin membawa berkah dan inspirasi untuk semua yang datang sehingga bisa sama-sama semangat untuk blogging aamiin aamiin.

foto dari Echa

Sedikit cerita di balik layar, special thanks to EchaFisaNisa yang sudah bersedia dan semangat untuk sama-sama mewujudkan KOPDAR bagi hijab blogger Yogyakarta ini. Acara ini kami persiapkan hanya dalam waktu kurang dari 1 minggu loh! Berawal dari 1 minggu sebelumnya saya dan Echa yang membahas soal KOPDAR Indonesian Hijab Blogger di Jakarta, tadinya kami berdua ingin sekali ikut KOPDAR disana tapi berhubung kami yang domisili di Yogyakarta jadi cuma bisa liat foto-fotonya aja dari para hijab blogger Yogyakarta.

Nah, terinspirasi dari suksesnya KOPDAR di Jakarta itulah akhirnya kami meminta pendapat kepada teman-teman founder Indonesian Hijab Blogger bagaimana jika Yogyakarta mengadakan acara serupa, Alhamdulillah niat baik kami disambut baik pula hingga akhirnya kami mengajak Fisa dan Nisa untuk membantu perencanaan dan pelaksanaan KOPDAR Yogyakarta ini. Dan Alhamdulillah lagi acaranya berjalan lancar dan memuaskan :)

belum afdol rasanya kalau ga selfie ;)

Terima kasih yaa buat semua hijab bloggers Yogyakarta yang sudah datang meramaikan acara serta terima kasih juga untuk  myhjb, bowllingID, dan sampanmimpi yang memberikan support dalam acara Indonesian Hijab Blogger KOPDAR Yogyakarta kemarin. Semoga acara ini bermanfaat dan selanjutnya akan ada kegiatan menarik lainnya bagi kita semua.

Buat semua hijab blogger Yogyakarta yang hadir, ditunggu loh postingan kalian tentang acara ini, jangan lupa jangan lupa.. Let's share our happiness to others!

Atas: Lia - Sheila - Jiun - Asa - Mei - Szasza - Prita - Atika - Aziza - Anisah - Isma
Bawah: Indah - Rida - Fisa - Prima - Nisa - Echa - Reni

Keep silaturahim, keep writing, and keep inspiring!


Salaam,
IndahRP

You Might Also Like

5 comments

  1. Hallo Indah, salam kenal yaa..
    Hmm, mau tanya, kira2 ada event ihb regional jogja kapan lagi ya? Soalnya kmrn belum sempet ikut, hihihi..

    ReplyDelete
  2. thank you for the post indaah.. keep blogging yaaaaa :*

    ReplyDelete
  3. wah sukses terus ya hijabers jogja ^-^ salam dari Travel Photo Blogger Jogja ^-^ selalu adem liat yang ginian....

    ReplyDelete
  4. alhamdulillah juga bisa nambah temen sama ketemu bu dokter indah hihihi :))

    ReplyDelete